Cara Melaporkan Gangguan Listrik PLN

Cara Melaporkan Gangguan Listrik Melalui PLN Mobile, Cepat dan Mudah!

Cara melaporkan gangguan listrik saat semakin mudah untuk dilakukan. Dengan adanya inovasi baru dari PT. PLN (Persero) yang menghadirkan sebuah aplikasi untuk layanan tersebut. Dengan begitu, pelanggan bisa menggunakan telepon genggamnya apabila akan melakukan pelaporan tentang masalah yang terjadi.

Tentunya tanpa harus bersusah payah datang ke kantor. Supaya bisa menggunakan layanan tersebut, terlebih dulu pelanggan harus memiliki PLN Mobile yang bisa diunduh secara gratis melalui App store atau Play store.

Adanya penjelasan dari Agung Murdifi selaku Executive Vice President Komunikasi Korporat serta CSR PLN bahwa fitur untuk pelaporan gangguan yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile versi terbaru sudah dirancang dengan baik. Layanan tersebut terancang dengan baik dan secara terintegrasi ke aplikasi pendukung yang berada di outage management.

Antara lain seperti Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT), Pelayanan Teknik (Yantek) Mobile, serta Aplikasi Pelayanan Pengaduan Terpusat (AP2T). Integrasi tersebut akan membuat laporan gangguan listrik dari masyarakat langsung ke petugas Yantek. Dalam hal ini pelanggan bisa memantau dari progres pengajuan yang dibuatnya.

Cara Melaporkan Gangguan Listrik Melalui PLN Mobile

Terdapat dua pilihan yang bisa digunakan untuk menyampaikan mengenai laporan gangguan listrik melalui PLN Mobile. Cara melaporkan adanya gangguan listrik yang pertama bisa menggunakan titik lokasi.

Cara yang kedua dengan menggunakan ID Pelanggan atau nomor meteran. Simak berikut ini cara melaporkan gangguan listrik lebih lengkap.

Menggunakan ID Pelanggan No Meteran

1.      Setelah membuka PLN Mobile, dilanjutkan dengan memilih menu "Pengaduan".

2.      Kemudian, bisa memilih salah satu mengenai jenis pengaduan gangguan listrik. Perlu diketahui bahwa jenis dari gangguan listrik hanya bisa dilakukan perubahan sebelum memilih No. Meter atau ID Pelanggan.

3.      Selanjutnya bisa memilih No. Meter atau ID Pelanggan yang sudah terdaftar akun PLN Mobile. Bisa juga memasukkan ID Pelanggan atau NO.Meter dengan cara manual, jika belum terdaftar. Pelanggan bisa memilih opsi menu " Gunakan Titik Lokasi".

4.      Bisa pastikan terlebih dahulu bahwa tagging koordinat lokasi gangguan sudah sesuai, bisa dilanjutkan dengan pilih " Konfirmasi".

5.      Jika sudah selesai bisa memilih "Ya".

6.      Apabila terdapat foto kendala bisa untuk lampiran, kemudian input deskripsi laporan. Setelah itu lanjut ke tahap selanjutnya dengan memilih "Kirim Pengaduan".

7.      Pelanggan nantinya akan menerima Nomor Laporan. Pilih "OK" maka laporan akan diteruskan ke pihak yang terkait. Sedangkan halaman yang berada telepon genggam akan diteruskan ke laman Riwayat Pengaduan.

Memakai Titik Lokasi

1.      Cara melaporkan gangguan listrik selanjutnya dengan menggunakan titik lokasi.

2.      Buka PLN Mobile. Pilih dengan menu " Pengaduan".

3.      Bisa dilanjutkan dengan memilih salah satu jenis dari pelaporan gangguan. Perlu diingat bahwa jenis gangguan hanya bisa mengalami perubahan ketika pelanggan belum memilih ID Pelanggan atau No. Meter. Pilih No.Meter atau ID Pelanggan yang sudah terdaftar di akun PLN mobile. Jika belum terdaftar, bisa mengisinya dengan cara manual. Pelanggan juga bisa memilih opsi menu "Gunakan Titik Lokasi".

4.      Pastikan tagging koordinat untuk lokasi sudah sama, pilih " Konfirmasi".

5.      Lanjutkan dengan mengisi data lokasi yang sesuai dengan alamat pelanggan. Mulai dari desa atau kelurahan sampai dengan provinsi. Pilih tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkannya.

6.      Bila ada foto kendala, bisa digunakan sebagai lampiran, input deskripsi laporan, kemudian dilanjutkan dengan klik "Kirim Pengaduan".

7.      Nantinya pelanggan akan menerima sebuah Nomor Laporan. Pilih "OK". Maka laporan yang telah dibuat akan diteruskan kepada pihak yang terkait. Sedangkan halaman ponsel akan diteruskan ke lama Riwayat Pengaduan.

Selanjutnya, pelanggan bisa melacak status dari penanganan gangguan listrik yang telah dilaporkan kepada petugas PLN secara real time. Nah, itu tahapan cara melaporkan gangguan listrik langsung kepada PLN Mobile. Lebih mudah dan praktis bukan?

Posting Komentar untuk "Cara Melaporkan Gangguan Listrik PLN"