Cara Melaporkan Gangguan Listrik

 

Saat ini listrik telah banyak di manfaatkan oleh semua orang seiring dengan banyak nya pengguna maka akan semakin banyak pula gangguan dan kendala yang kita hadapi seperti yang biasa terjadi di saat lampu di rumah kita padam sedangkan di rumah tetangga tidak padam tentu membuat kita merasa terganggu namun saat ini untuk melaporkan gangguan listrik yang terjadi sangatlah mudah dan cepat.

Selain respon yang cepat penanganannya pun tidak terlalu lama pasalnya dengan terobosan baru dari PT.PLN (Persero) yang telah menghadirkan aplikasi mobile yang dapat kita gunakan ketika terjadi gangguan listrik di rumah kita hanya dengan aplikasi ini masalah gangguan listrik di rumah kita akan segera teratasi dengan cepat dalam satu genggaman

Tentunya tanpa harus melapor ke kantor PLN atau menelpon nomer kantor PLN kamu hanya perlu menginstal di handphone kamu, yaitu aplikasi PLN Mobile yang bisa kamu unduh secara gratis melalui App store atau Play store dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah mengakses menu-menu seperti:

  • Kelistrikan
  • Internet
  • Listriqu
  • Electric vehicle
  • Token & pembayaran
  • Pengaduan
  • Catat meter
  • Info stimulus
  • Penyambungan baru
  • Perubahan daya
  • Simulasi biaya
  • Penyambungan sementara
  • Marketplace
  • PLN magazine

Namun kali ini kita akan membahas menu pengaduan pada menu ini kamu bisa mengisi masalah atau kendala kelistrikan yang kamu alami untuk kamu laporkan ke aplikasi

Cara Melaporkan Gangguan Listrik Melalui PLN Mobile









Terdapat dua pilihan yang bisa digunakan untuk menyampaikan mengenai laporan gangguan listrik melalui PLN Mobile. Cara melaporkan adanya gangguan listrik yang pertama bisa menggunakan titik lokasi.

Cara yang kedua dengan menggunakan ID Pelanggan atau nomor meteran. Simak berikut ini cara melaporkan gangguan listrik lebih lengkap.

Menggunakan ID Pelanggan No Meteran

1.     Setelah membuka PLN Mobile, dilanjutkan dengan memilih menu "Pengaduan".

2.    Kemudian, bisa memilih salah satu mengenai jenis pengaduan gangguan listrik. Perlu diketahui bahwa jenis dari gangguan listrik hanya bisa dilakukan perubahan sebelum memilih No. Meter atau ID Pelanggan.

3.    Selanjutnya bisa memilih No. Meter atau ID Pelanggan yang sudah terdaftar akun PLN Mobile. Bisa juga memasukkan ID Pelanggan atau NO.Meter dengan cara manual, jika belum terdaftar. Pelanggan bisa memilih opsi menu " Gunakan Titik Lokasi".

4.  Bisa pastikan terlebih dahulu bahwa titik koordinat lokasi gangguan sudah sesuai, bisa dilanjutkan dengan pilih " Konfirmasi".

5.      Jika sudah selesai bisa memilih "Ya".

6.  Apabila terdapat foto kendala bisa untuk lampiran, kemudian masukan keterangan laporan. Setelah itu lanjut ke tahap selanjutnya dengan memilih "Kirim Pengaduan".

7.   Pelanggan nantinya akan menerima Nomor Laporan. Pilih "OK" maka laporan akan diteruskan ke pihak yang terkait.

Memakai Titik Lokasi

1.  Cara melaporkan gangguan listrik selanjutnya dengan menggunakan titik lokasi.

2.  Buka PLN Mobile. Pilih dengan menu " Pengaduan".

3.  Bisa dilanjutkan dengan memilih salah satu jenis dari pelaporan gangguan. Perlu diingat bahwa jenis gangguan hanya bisa mengalami perubahan ketika pelanggan belum memilih ID Pelanggan atau No. Meter. Pilih No.Meter atau ID Pelanggan yang sudah terdaftar di akun PLN mobile. Jika belum terdaftar, bisa mengisinya dengan cara manual. Pelanggan juga bisa memilih opsi menu "Gunakan Titik Lokasi".

4.   Pastikan titik koordinat untuk lokasi sudah sama, pilih " Konfirmasi".

5.  Lanjutkan dengan mengisi data lokasi yang sesuai dengan alamat pelanggan. Mulai dari desa atau kelurahan sampai dengan provinsi. Pilih tombol "Lanjutkan" untuk melanjutkan nya.

6.  Bila ada foto kendala, bisa digunakan sebagai lampiran, input deskripsi laporan, kemudian dilanjutkan dengan klik "Kirim Pengaduan".

7.   Nantinya pelanggan akan menerima sebuah Nomor Laporan. Pilih "OK". Maka laporan yang telah dibuat akan diteruskan kepada pihak yang terkait.

Selanjutnya, pelanggan bisa melacak status dari penanganan gangguan listrik yang telah dilaporkan kepada petugas PLN secara real time. Nah, itu tahapan cara melaporkan gangguan listrik langsung kepada PLN Mobile. Lebih mudah dan praktis bukan?

 


Posting Komentar untuk "Cara Melaporkan Gangguan Listrik"