Lima Cara Merawat AC Agar Tetap Dingin Dan Awet

 

Cara Merawat AC Agar Awet dan Tahan Lama Sampai Bertahun-Tahun

Anda yang tinggal di kota besar pasti tidak asing dengan AC. Barang elektronik ini bukanlah barang kebutuhan tambahan atau sekunder tetapi juga termasuk dalam kebutuhan yang utama layaknya air serta listrik. Ada banyak jenis AC bisa kamu pilih berdasarkan besar kecil maupun harganya. Nah, supaya pendingin ruangan bisa bertahan lebih lama maka Anda perlu mengetahui cara merawat AC agar awet dapat digunakan sampai bertahun-tahun. Bagaimana caranya? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Simak Cara Merawat AC Agar Awet dan Tahan Lama

Suhu udara di Indonesia yang kadang panas jika musim kemarau memberikan tanda untuk Anda segera menginstalasi AC di rumah. Dengan kehadiran pendingin ini maka akan sangat membantu mengatasi hawa panas maupun gerah yang melekat.

 Meskipun kipas angin juga bisa membantu Anda untuk menjauhkan dari hawa panas tetapi kipas angin tidak memiliki fitur pendingin yang dimiliki oleh Air Conditioner.

Disebut sebut sebagai pahlawan pendingin udara, tapi nyatanya jika Anda nyalakan terus sepanjang hari maka hal itu akan mempercepat umurnya yakni bisa saja menimbulkan kerusakan di bagian mesin. 

Tentunya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan. Apalagi ketika udara sedang panas-panasnya. Nah, supaya memperpanjang umur AC mampu menjaganya supaya lebih tahan lama Anda harus memperhatikan cara merawat AC agar awet berikut ini.

1.      Selalu Rutin Membersihkan Filter AC

Jika Anda merasa usaha yang keluar dari Air Conditioner sudah tidak dingin lagi, maka hal itu bisa jadi pertanda AC rumah kotor. Hal tersebut biasanya terjadi sebab masalah filter yang kotor. 

Untuk mengatasinya Anda bisa secara rutin membersihkan. Caranya mudah yakni buka bagian filter setelah itu cuci bersih dengan menggunakan air serta sikat gigi bekas. Jika Anda khawatir rusak maka bisa memanggil jasa pembersih Ac yang sudah handal.

2.      Selalu Mengecek Tekanan Freon

Freon adalah bagian yang dipakai dalam membuat udara jadi dingin. Jika udara yang keluar tidak dingin maka ada kemungkinan terjadi kebocoran freon yang bisa diindikasi menurunnya tekanan freon. Nah, untuk itu Anda harus selalu rutin mengecek tekanan freon kurang lebih setiap 6 bulan sekali.

3.      Memasang Termometer Dalam Ruangan

Memasang termometer tentunya akan lebih memudahkan untuk mengecek suhu. Jadi Jika Anda ingin memantau suhu udara AC serta ruangan maka bisa memasang termometer dalam ruangan. 

Jika terdapat perbedaan, nantinya Anda akan langsung mengetahui serta dapat segera melakukan tindakan yang diperlukan. Tentu setelah lebih dahulu mengecek bagian mana saja yang menjadi permasalahan.

4.      Menggunakan Timer

Cara merawat AC agar awet yakni dengan menggunakan timer. Anda bisa menggunakan fitur timer ketika menyalakan AC sehingga ketika akan mati maka bisa secara otomatis tepat pada waktunya. Setel sendiri sesuai dengan kebutuhan. 

Sebaiknya AC dinyalakan maksimal sekitar 5 jam di dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan saja mesin dingin. Keuntungan lain dari orang tuanya fitur timer yakni dapat membantu jaga mesin AC supaya tidak gampang rusak. Ada baiknya Anda jangan atur suhu AC dibawah 22 derajat Celcius. Karena hal ini akan membuat mesin panas dan gampang rusak.

5.      Membersihkan Kumparan AC

Kumparan AC juga harus Anda perhatikan kebersihannya karena debu juga seringkali menumpuk di bagian ini. Debu dan kotoran yang menumpuk dalam kumparan bisa mengurangi penyerapan panas, sehingga udara yang dikeluarkan tidak akan dingin dan dapat menimbulkan koslet.

Cara merawat AC agar awet seperti diatas perlu Anda perhatikan dengan seksama. AC yang terawat akan bertahan hingga usia tahunan. Jadi rajin dibersihkan serta dibawa ke tukang servis dapat membantu memperpanjang usianya.

Posting Komentar untuk "Lima Cara Merawat AC Agar Tetap Dingin Dan Awet"