Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik

 

Mengapa kita harus menghemat listrik. Kebiasaan Menghemat listrik adalah bentuk dari upaya bersama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi, baik itu di rumah, di mesjid, di kantor, serta dimanapun kita semua berada. Ada berbagai hal penting yang menjadi alasan mengapa kita semua harus membangun sikap disiplin kebiasaan menghemat listrik, yang semuanya memberikan keuntungan bagi diri kita sendiri maupun bagi banyak orang karena dengan menghemat listrik secara tidak langsung kita telah menjaga bumi .

Sebenarnya, menghemat listrik adalah bentuk lain dari Menghemat energy. Menghemat listrik sebenarnya juga  merupakan hal yang sangat mudah di lakukan yang terpenting adalah menjadi kebiasaan sehingga menghemat listrik menjadi kebiasaan sehari-hari baik itu di rumah sendiri maupun di tempat lain, Kita semua hanya perlu untuk memperhatikan semua hal kecil yang berpotensi sebagai pemborosan energy listrik.

Jadi mengapa kita harus menghemat listrik, apa manfaatnya dan mengapa menghemat listrik begitu penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik:

1. Sebagai Penghematan Belanja Rumah Tangga

Menghemat listrik merupakan Salah satu cara yang terbaik untuk menghemat keuangan rumah tangga. Dengan membiasakan berhemat tentu pengeluaran bulanan kita akan berkurang dan kita bisa menghemat pembayaran bulanan yang mahal, maka Anda dan keluarga akan bisa memiliki uang tabungan yang nantinya bisa digunakan untuk pengeluaran lainnya yang lebih berguna, misalnya untuk biaya anak sekolah, untuk keperluan social, Infak, sedekah, dan lain sebagainya.

2. Mengurangi Pemanasan Global

Tahukah kamu Hingga saat ini, energy listrik masih sangat banyak bersumber dari bahan bakar batubara, yang terkenal sebagai salah satu bahan bakar yang sangat banyak menyisakan limbah dalam bentuk emisi karbon dan bahkan juga pencemaran lingkungan. Semakin tinggi tingkat konsumsi daya listrik pada suatu daerah, maka akan semakin tinggi juga tingkat emisi CO2 di udara, yang kemudian dapat merusak lapisan atmosfer bumi.

Akibat kerusakan yang terjadi pada atmosfer tersebut lalu akan membuat pemanasan global yang sangat parah. Dengan membiasakan menghemat listrik baik diri kita sendiri dan jika semua orang menghemat energi listrik, maka kita telah berusaha dengan baik untuk melindungi bumi dari serangan pemanasan global.

3. Menghemat Persediaan Bahan Bakar

Persediaan bahan bakar untuk listrik yang berasal dari fosil –misalnya batubara- sangatlah terbatas jumlahnya. Kabar buruknya lagi, bahan bakar ini tidak dapat diperbarui jumlahnya. Sebab, dibutuhkan jutaan tahun untuk bisa mendapatkannya kembali. Oleh sebab itu, penghematan energi listrik juga merupakan salah satu bentuk cara untuk menghemat juga persediaan bahan bakar dari fosil yang ada.

 

4. Menjaga Mesin Pembangkit Listrik Agar Tidak Rusak

Semakin tinggi jumlah konsumsi energi listrik, maka akan semakin berat dan sulit beban kerja mesin pembangkit tersebut. Jika generator tersebut dipaksa terus menerus untuk menghasilkan jumlah energi listrik melebihi kapasitasnya akibat penggunaan listrik yang boros, maka hal itu akan dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian pada mesin tersebut.

Kerusakan mesin kemudian akan berakibat pada adanya pemadaman listrik. Jika mesin pembangkit listrik sudah rusak yang kemudian menyebabkan sering terjadinya pemadaman listrik, maka semua pihak juga akan mengalami kerugian besar yang menyebabkan terganggu nya kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

5. Sebagai Sarana Pendidikan Perilaku Disiplin

Sikap dan kebiasaan menghemat listrik adalah salah satu cara dan metode pendidikan praktis di lingkungan keluarga. Sikap dan kebiasaan menghemat listrik tersebut menjadi sarana untuk membiasakan perilaku hemat, disiplin, dan tidak boros, yang semuanya sangat dibutuhkan bagi masa depan keluarga.

6. Merupakan Perintah Agama Dalam Islam

Dalam islam, ada sangat banyak ayat dan hadis yang memerintahkan seorang muslim untuk menjadi orang yang penuh perhitungan dan sederhana. Bahkan ada ayat yang memerintahkan agar Jangan berperilaku boros ataupun menyia-nyiakan berbagai hal termasuk larangan boros listrik, dll-.

7. Peduli Pada Terbatasnya Kapasitas Mesin PLN

Sebenarnya, kapasitas PLN saat ini sangatlah terbatas jumlah dan jangkauannya. Jika seluruh pelanggan melakukan pemakaian listrik secara boros, maka akan dapat menyebabkan konsumsi daya listrik dengan besaran yang melebihi kapasitas normal mesin pembangkit.

8. Agar PLN bisa Menjangkau Daerah Pedalaman

Tahukah Anda bahwa pasokan listrik Negara kita saat ini masih terbatas dan belum bisa menjangkau kebutuhan semua orang, khususnya daerah pedalaman?

Hingga saat ini, masih sangat banyak daerah di Indonesia khususnya daerah-daerah pedalaman yang sangat kesulitan untuk mengakses listrik. Jika kita semua bisa berhemat, maka sisa daya dan kapasitas listrik tersebut akan bisa diarahkan ke daerah lain yang sama sekali belum terjangkau daya listrik ini.

 

9. Membantu Negara Menghemat Subsidi

Saat ini, Sebagian besar konsumen listrik masih menggunakan subsidi dari negara. Oleh sebab itu, Semakin kita semua boros mengkonsumsi listrik, maka akan semakin tinggi pula besaran biaya subsidi yang akan ditanggung oleh negara.

Dengan Menghemat listrik, maka anda sudah membantu untuk menjaga anggaran negara agar tetap stabil dan sehat. Jika perilaku pemborosan listrik sudah dilakukan oleh sangat banyak orang, maka akan ada kemungkinan yang juga akan memberikan kerugian tersendiri bagi pengguna tersebut, yaitu dengan tingginya pengeluaran pembayaran listrik setiap bulannya.

Dengan kata lain, menghemat listrik akan membuat keuangan keluarga anda juga terjaga dari pemborosan, yang kemudian memungkinkan anda untuk menggunakannya dalam aktivitas dan keperluan keluarga yang lainnya.

 

Posting Komentar untuk "Mengapa Kita Harus Menghemat Listrik"