Penyebab Kulkas Nyetrum Dan Cara Mengatasinya

 


Lemari pendingin atau Kulkas adalah alat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang begitu penting dan sanggat membantu terutama untuk membuat makanan, minuman, sayuran dan semacamnya agar dapat bertahan lebih lama sehingga bisa di konsumsi dalam jangka waktu tertentu, Kulkas juga sudah banyak di aplikasikan untuk keperluan lain tergantung kebutuhan.

Banyak kerusakan yang sering terjadi pada kulkas dan sering kita temui juga sering membuat kita sulit untuk mengatasinya di antaranya kulkas menyetrum ketika bodi kulkas tersentuh.

Kulkas yang menyetrum saat pintu di buka atau saat body kulkas tersentuh tentu sanggat berbahaya, apa lagi jika anak-anak sering membuka kulkas tentu dapat membahayakan mereka, permasalahan ini harus segera kita atasi dengan cepat agar tidak membahayakan diri kita dan orang-orang di sekitar kita dan jika kita mampu menyelesaikan nya sendiri kita tidak perlu lagi menghubungi teknisi kulkas atau membawanya ke tempat servis.

Pertama-tama mari kita ketahui penyebab kulkas menyetrum saat di sentuh

  • kabel listrik kulkas terkupas karena gigitan tikus atau hal lainnya sehingga kabel menyentuh bodi kulkas, jika kabel menyentuh body kulkas otomatis body kulkas akan teraliri listrik sehingga dapat menyetrum ketika di sentuh hal ini biasa terjadi jika area belakang kulkas kita kotor dan kabel power tertarik

  • kulkas tidak di lengkapi dengan kabel grounding (Sistem pembuian atau sistem pentanahan  yang menghubungkan bagian tertentu dari sistem tenaga listrik dengan tanah, biasanya permukaan conductive bumi, untuk tujuan keselamatan dan fungsional atau membuang aliran listrik dari body kulkas ke tanah

  • posisi kepala kabel power kulkas terbalik, jika instalasi rumah tidak di lengkapi dengan kabel grounding maka posisi kepala kabel power yang terbalik bisa mengakibatkan body kulkas menyetrum.

 

Cara memperbaikinya

  1. Cek kabel power pada bagian bawah belakang kulkas yang menghubungkan listrik ke mesin/kompresor kulkas kita, pastikan kabel dalam keadaan baik dan kabel tidak terkelupas dan bersihkan area belakang kulkas kita agar tetap bersih dan tidak mengundang tikus

  1. Pasang Kabel Grounding, dengan memasang kabel grounding masalah body kulkas menyetrum akan selesai, namun jika kamu kesulitan memasang kabel grounding, ada cara sederhana untuk melakukannya, yaitu dengan menghubungkan body kulkas ke tanah atau tembok rumah kita, caranya sediakan kabel listrik kupas ujung sama ujung kabel, lalu kabel yang telah di kupas, sambungkan ke baut bagian body kulkas dan ujung satunya sambungkan ke tanah atau tembok dengan menancapkan paku beton atau besi lalu kabelnya di sambungkan ke beton atau paku yang telah di tancapkan ke tanah atau tembok.



  1. cara ketiga cukup sederhana hanya dengan membalikkan posisi colokan power kulkas kita yang terpasang ke stop kontak kulkas kita, jika awalnya colokan listrik kulkas mengarah ke atas kamu cukup membalikkannya ke arah bawa hal ini akan menyelesaikan permasalahan boy kulkas menyetrum dengan cepat


jika kamu telah melakukan cara di atas masalah kamu akan segera terselesaikan hanya dengan sentuhan tangan kamu sendiri, jadi jangan ragu untuk mencobanya dan jangan takut sebelum mencoba……salam santun dari kami dan terimakasih atas dukungan nya………..

 

 

 

Posting Komentar untuk "Penyebab Kulkas Nyetrum Dan Cara Mengatasinya"