Tiga Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Energi adalah suatu kemampuan atau tenaga untuk melakukan suatu usaha atau kerja sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Energi sangat penting bagi kehidupan manusia karena segala aktifitas membutuhkan energi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi merupakan suatu kemampuan untuk melakukan kerja atau bisa juga diartikan sebagai daya atau kekuatan yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan dalam kehidupan.
Sebagai salah satu makhluk hidup, manusia membutuhkan suatu energi untuk melakukan aktivitas-aktivitasnya. Seperti yang biasa di lakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya bergerak, bernapas, mendorong benda, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Manusia memiliki energi yang berasal dari makanan yang dimakannya, sehingga makanan dapat disebut sumber energi. Tak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan energi untuk bertahan hidup.

Energi tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan manfaatnya, seperti saat kamu tertiup angin kamu dapat merasakan angin namun tidak dapat melihatnya. Sama seperti energi listrik energi ini dapat di rasakan namun tidak dapat di lihat contoh lain seperti energi matahari panasnya matahari bisa di rasakan namun tidak dapat di lihat.

Dalam kehidupan sehari hari-hari ada beberapa sumber energi yang begitu besar yang bisa di manfaatkan untuk kehidupan manusia yang berlangsung dan bertahan selamanya dan tidak akan pernah habis

Energi ini di manfaatkan untuk menghasilkan energi lain bisa berupa suatu alat atau media yang bisa merubah energi tersebut menjadi energi dalam bentuk yang berbeda yang di kembangkan secara luas dan mendunia

BERIKUT TIGA SUMBER ENERGI YANG SERING KITA TEMUI DALAM KEHIDUPAN KITA SEHARI-HARI

1. Sinar Matahari

Matahari adalah sumber yang begitu besar bagi kehidupan di bumi yang juga merupakan poros bumi berputar yang setiap harinya memberi energi bagi bumi dalam kelangsungan hidup mahluk hidup

Dengan perkembangan teknologi yang begitu besar saat ini Sinar dari matahari  bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber energi.

Dengan memanfaatkan sinar matahari yang tidak pernah habis dan terus menerus memberikan sinar di bumi , manusia bisa membuat listrik untuk penerangan dari sinar matahari menggunakan suatu yang di sebut panel Surya.

Listrik ini dihasilkan melalui panas matahari yang disimpan pada panel Surya yang berfungsi merubah energi panas menjadi energi listrik .

Matahari juga di manfaatkan untuk memanaskan atau mengeringkan pakaian kita yang telah kita cuci. matahari pun banyak di manfaatkan untuk penerangan rumah di siang hari.

2. Angin

Selain matahari yang setiap hari menyinari bumi, angin juga bisa menjadi sumber energi bagi kehidupan di bumi.

Pada zaman dahulu sebelum di temukanya alat atau mesin angin banyak di manfaatkan nelayan untuk mengerakkan kapal menggunakan sebuah layar

Angin bisa didapat secara mudah dan tidak terbatas.

Sumber energi ini dimanfaatkan dengan membuat kincir angin, yang kemudian bisa menjadi listrik yang sistem kerjanya merubah energy gerak menjadi energi listrik

Angin ini akan menggerakkan kincir angin yang tersambung pada sebuah turbin dan generator.

Gerakan dari generator inilah yang kemudian menghasilkan listrik.

3. Air

Air merupakan bagian terpenting bagi hidup manusia tanpa air manusia dan mahluk lain tidak bisa bertahan hidup, jumlah air yang lebih besar dari jumlah daratan membuat manusia dapat memanfaatkan air ini menjadi sumber energi sama seperti energi angin, sumber energi dari air ini juga bisa menghasilkan listrik.

Sistem kerjanya sama seperti angin yaitu merubah energi gerak menjadi energi listrik Air akan menggerakkan kincir yang sudah tersambung pada turbin dan generator.

Saat ini air banyak di gunakan oleh perusahaan besar untuk menghasilkan energi listrik berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Demikian pembahasan mengenai energi dalam kehidupan sehari-hari dan peranan pentingnya bagi kehidupan manusia. Semoga menambah pengetahuan mu


Posting Komentar untuk "Tiga Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari"