9 Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

 

Benda-benda yang menjadi Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada berbagai perlengkapan elektronik yang seringkali digunakan di rumah dalam membantu kegiatan kita sehari-hari yang biasanya tidak kita sadari.

Melansir dari sebuah buku Seri yang berjudul “Sains: Energi, Koeshartati Saptorini, 2013”, bahwa energi listrik adalah salah satu jenis dan bentuk energi yang paling banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, hal ini disebabkan karena energi listrik sangat mudah diubah ke berbagai bentuk energi lainnya. Oleh Karena itulah, berbagai contoh perubahan bentuk energi listrik menjadi energy gerak sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita yang tentunya sanggat sering kita temui di sekitar kita.

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak

Berikut adalah beberapa contoh dari perubahan energi listrik menjadi energi gerak, yaitu:

1. Gerakan Memutar Pada Kipas Angin

Cara dan sistem kerja pada kipas angin adalah salah satu contoh hasil pengubahan energi listrik menjadi sebuah energi gerak, dengan menggunakan sebuah motor listrik. Dalam badan motor listrik tersebut, terdapat sebuah kumparan besi yang berputar dan dua buah magnet U pada sebuah poros yang diam. Saat energi listrik mengalir pada bagian lilitan kawat yang ada dalam kumparan besi tersebut, hal ini lalu mengubah lilitan kumparan besi tersebut menjadi magnet.

Energi Magnet tersebut kemudian menghasilkan gaya gerak berputar secara periodic, pada lilitan kumparan besi. Dalam Peristiwa ini, gerakan putar terus berlanjut disebabkan oleh sifat magnet yang pada kedua kutub nya selalu saling tolak menolak. Sehingga akhirnya, gaya tolak menolak yang muncul dari sepasang magnet dan juga kumparan besi tersebut menghasilkan gaya berputar pada kipas angin.

2. Gerakan Pada Mesin Cuci

Mesin cuci adalah sebuah alat rumah tangga yang juga menggunakan energy listrik untuk kemudian dikonversi menjadi sebuah energi gerak. Energi gerak tersebut yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat gerakan dalam mesin ini dan melakukan fungsinya untuk mencuci, membilas, dan juga bahkan mengeringkan pakaian.

Mesin cuci juga memiliki sumber tenaga penggerak yang berasal dari listrik yang sering disebut juga motor listrik, dengan bermacam-macam kapasitasnya.

 3. Gerakan Pada Blender

Seperti halnya alat elektronik listrik lainnya, pada sebuah blender pun terdapat juga sebuah motor listrik. Motor listrik merupakan alat yang berfungsi mengubah sebuah aliran energi listrik menjadi sebuah energi gerak. Motor listrik tersebut memutar dan terhubung dengan mata pisau blender dengan sangat cepat, sehingga mampu menghancurkan berbagai jenis buah, sayur-sayuran, dan juga berbagai jenis bumbu masakan.

4. Putaran Pada Mixer

Sistem dan Cara kerja mixer juga dimulai dari sebuah aliran listrik yang masuk menuju ke sakelar dan kemudian menuju ke motor listrik. Setelah itu, motor listrik tersebut akan menggerakkan bagian roda-roda yang merupakan gigi putaran pada sebuah mixer.

Kecepatan perputaran motor tersebut dapat diatur melalui sakelar yang sudah terhubung pada  salah satu bagian cabang yang ada pada stator. Pengaduk yang ada di dalam mixer lalu dijalankan oleh motor penggerak universal, dan biasanya selalu mempunyai pilihan beberapa tingkat kecepatan.

5. Gerakan Putar Pada Sepeda Listrik

Cara dan sistem kerja pada sepeda listrik juga mengandalkan perubahan energy listrik menjadi energy gerak, sederhananya yaitu dengan mengubah aliran energi listrik yang ada pada baterai atau juga akumulator, menjadi sebuah energi gerak berbentuk putaran lewat sebuah dinamo.

Gerakan pada dinamo yang memutar itu kemudian diteruskan pada bagian belakang sepeda, untuk kemudian menggerakkan bagian roda belakang sepeda tersebut. Hasilnya, sepeda listrik tersebut bisa bergerak walaupun tanpa dikayuh.

6. Gerakan Memutar Pada Bor Listrik

Cara dan Prinsip kerja pada mesin bor adalah dengan menggubah energi listrik menjadi energi gerak yang berputar pada poros mesin. Pada bagian ujung bor biasanya disambungkan dengan mata bor, yang mampu mengebor berbagai benda. Benda yang akan dibor biasanya diletakkan pada sebuah alat penjepit, kemudian mata bor berputar secara rotasi dengan tingkat kecepatan tertentu yang disesuaikan.

7. Putaran Jam analog

Jam analog berputar juga dengan menggunakan tenaga listrik, yaitu dengan cara menggunakan energi listrik untuk menggerakkan gear jarum penunjuk menit, untuk melakukan 60 kali detakan atau putaran, demikian juga dengan penunjuk detik nya.

8. Mesin Drone

Prinsip kerja pada drone adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, kemudian menjadikannya sebagai energi gerak. Hal itu kemudian membuat sebuah drone mampu terbang menggunakan baling-balingnya, dengan kendali utama pada remote kontrolnya.

 9. Mesin Pompa air

Prinsip dan Cara kerja mesin pompa air adalah dengan menggunakan energi listrik untuk memutar penyedot airnya, kemudian mendorong air dari dalam tanah sumbernya menuju permukaan tanah dan tempat penampungan yang disediakan melalui pipa. Dengan kata lain, gerakan air dari dalam tanah tersebut terjadi karena adanya energi listrik yang diubah menjadi energi gerak pada mesin pompa air tersebut.

Itulah contoh Perubahan energi listrik menjadi energi gerak yang sering kita temui dalam kehidupan di sekitar kita

 

1 komentar untuk "9 Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak"