Daftar Sumber Energi Pembangkit Listrik Terbarukan Di Indonesia



Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar di dunia yang memiliki kekayaan alam dan sumber daya yang sangat melimpah.

Hampir di semua wilayah di Indonesia memiliki banyak ragam kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan dengan sangat baik.

Salah satunya bisa menjadi sumber energi pembangkit listrik terbarukan, energi yang bersumber dari alam seperti air, angin, serta cahaya matahari ini sangat berguna.

Sumber energi pembangkit listrik terbarukan ini sudah ada sejak beberapa tahun kebelakang, dan hingga saat ini sumber energi tersebut selalu dikembangkan.

Bahkan melalui Kementerian ESDM, sumber energy tersebut sudah memiliki rancangan terbaik dan juga menjadi skala prioritas.

Manfaat Sumber Energi Pembangkit Listrik Terbarukan

Menggunakan sistem sumber energy pembangkit listrik terbarukan ini, banyak sekali manfaatnya bagi kita semua.

Termasuk untuk alam yang menjadi sumber daya dari energy tersebut, selain bisa mengurangi pemanasan global, ada manfaat lain yang bisa diperoleh.

Berikut ini ada 5 manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dan juga memiliki jumlah yang sangat tidak terbatas.

Mengurangi Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas diatas, energi pembangkit listrik terbarukan memiliki manfaat yakni mengurangi pemanasan global.

Dengan menggunakan metode alam, maka pemanasan global akan berkurang sehingga bumi akan memiliki kesehatan yang sangat baik.

Sumber Energi Yang Tidak Terbatas

Alam akan menghadirkan banyak kekayaan yang sangat melimpah, ditambah dengan tidak ada habisnya membuat energi terbarukan ini menjadi sangat mendunia.

Terlebih di tanah Indonesia yang juga memiliki sumber daya alam yang tidak ada habisnya, sehingga sumber energy listrik terbarukan ini sangat cocok di Indonesia.

Meningkatkan Kesehatan Manusia

Manfaat lainnya ialah sumber energy listrik ini sangat aman untuk kesehatan manusia, apalagi dengan sistem alam yang digunakan.

Akan meningkatkan rasio kesehatan anda, dan bisa saja berimbas kedalam kehidupan yang sehat dan juga bisa memanjangkan umur anda.

Hemat Sumber Daya dan Uang

Kemudian manfaat lainnya ialah menggunakan energy sumber tenaga listrik alam ini, akan menghemat sumber daya dan uang.

Karena dengan sistem yang sangat mudah tersebut, akan memberikan banyak hasil maksimal yang sangat memberikan banyak keuntungan.

Berpeluang Menciptakan Lapangan Kerja

Terakhir manfaat dari sumber energi listrik terbarukan ini ialah bisa berpeluang menciptakan banyak lapangan kerja.

Dengan begitu maka akan mengurangi banyak pengannguran di Indonesia dan berkesempatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sumber Energi Listrik Terbarukan  Di Indonesia

Setelah anda mengetahui manfaat dan penjelasan mengenai sumber energy listrik terbarukan, maka anda juga harus tahu sumber energy terbarukan di Indonesia.

Negara yang terkenal memiliki kekayaan alam yang sangat banyak ini, sudah memiliki sumber energy tersebut sejak lama.

Berikut ini daftar sumber energi listrik terbarukan di Indonesia yang wajib kalian ketahui agar anda memahami hal tersebut.

Sumber Energi Listrik Tenaga Air

Sumber Energi Listrik Tenaga Air merupakan sumber pembangkit listrik terbarukan yang ada di Indonesia yang memiliki sumber yang sangat banyak.

Tenaga air ini sudah banyak digunakan di wilayah berbagai Indonesia yang akan memberikan banya manfaat bagi masyarakatnya.

Salah satunya di wilayah Poso  yakni terbangun PPembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang memiliki kapasitas tegangan 66 Megawatt.

Sumber Energi Panas Bumi

Selanjutnya Energi Panas Bumi yang memiliki nilai keuntungan yang sangat besar, sumber energy ini sudah memiliki daya yang sangat banyak.

Indonesia sendiri mengembangkan sumber energy terbarukan ini untuk wilayah yang memiliki panas bumi yang sangat stabil.

Sehingga akan terpasang sumber energy ini dan akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Indonesia.

Sumber Energi Cahaya Matahari

Ternyata Cahaya Matahari bisa menjadi sumber energi yang bisa dimanfaatkan dengan sangat baik bagi masyarakat.

Hampir di semua negara memanfaatkan sumber daya matahari ini sebagai pemasok listrik yang sangat besar, ada keunggulan dan kekurangan dalam sistem sumber energi ini.

Indonesia sendiri berhasil memanfaatkan hal tersebut meski memiliki daya dalam kapasitas sumber energy berkisar 171,8 MW.

Sumber Energi Tenaga Angin

Terakhir ada sumber energy tenaga angin yang bisa menjadi sumber energy yang sangat konstan dengan bantuan angin.

Ada kincir angin yang akan membantu sistem sumber energy ini dan akan memberikan daya sumber energy yang sangat besar.

Itulah 4 sumber energy terbarukan yang ada di Indonesia yang memilikimanfaat serta kegunaan yang sangat baik bagi masyarakat.

    



Posting Komentar untuk "Daftar Sumber Energi Pembangkit Listrik Terbarukan Di Indonesia"