Jenis-Jenis Panel Listrik Dan Fungsinya

Pada bangunan yang berkapasitas besar panel listrik berperan sanggat penting dalam membagi energi listrik pada tiap-tiap sudut bangunan agar pembagian energi listrik dapat merata dan aman maka di buatlah panel listrik untuk melakukan fungsi itu. Panel listrik adalah sebuah alat atau perangkat yang memiliki fungsi untuk membagi, menyalurkan dan kemudian mendistribusikan energi listrik dari sumbernya (pusat) kepada konsumen (pemakai) agar lebih efisien, rapi dan aman

Untuk kisaran Harga panel listrik di pasaran ditentukan dari ukuran, bahan, model dan spesifikasi. Setiap panel listrik setidaknya memiliki komponen berikut ini :

  • Moulded Case Circuit Breaker, untuk melakukan pengamanan jika terjadi hubungan singkat.
  • Lampu panel R S T, sebagai penunjuk tegangan yang masuk.
  • Selector switch, untuk memilih sebuah mode Pada panel listrik.
  • Push button, berguna sebagai komponen kontrol atau tombol on/off.
  • Capacitor bank, sebagai penyeimbang muatan  induktif.
  • Terminal block, sebagai tempat penyambungan kabel luar dan kabel dalam.
  • Relay control, mengoperasikan kontak N/C atau N/O saat mematikan dan menyalakan .
  • Omega rails, digunakan untuk menempelkan power supply, kontraktor, dan lain sebagainya.
  • Thermal overload relay, sebagai komponen pengaman pada panel ketika terjadi gangguan.
  • Timer listrik, sebagai pengatur waktu pada panel listrik
  • Kontraktor 3 Phase atau 1 Phase, sebagai kontrol pemutus dan penghubung
  • Emergency stop, untuk menghentikan mesin saat terjadi keadaan darurat

Panel listrik merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan listrik atau menyalurkan listrik pada alat-alat yang membutuhkannya dengan pembagian arus listrik yang telah di atur sedemikian rupa agar dalam penyalurannya arus listrik dapat terbagi merata tanpa adanya ketidak seimbangan saat penyalurannya. terbayang jika dalam suatu gedung terdapat 4 lantai yang masing-masing lantai memiliki puluhan ruangan dan setiap ruangan memiliki kebutuhan listrik masing-masing cara mengaturnya yaitu dengan menggunakan panel listrik . Alat ini terdiri dari sebuah box panel dan juga komponen-komponen yang bekerja untuk mendistribusikan listrik. Komponen-komponen tersebut dirangkai kemudian dilindungi menggunakan boxnya.

Fungsi panel listrik yang utama adalah sebagai sumber distribusi energi listrik dari sumber listrik kepada beban atau konsumen. Berikut akan kami ulas beberapa penjelasan singkat mengenai macam-macam panel listrik dan spesifikasi nya :

JENIS-JENIS PANEL LISTRIK

1.Main Distribution Panel (MDP)

Di sebut Main Distribution Panel (MDP) merupakan jenis panel listrik yang berfungsi untuk membagi dan menerima suplai listrik dari LVMDP((Low Voltage Main Distribution Panel)). Lalu kemudian menyalurkan menuju ke panel listrik yang selanjutnya sebagai panel pembagi utama.

2.Sub Distribution Panel (SDP)

Nah Jenis panel listrik yang berikutnya adalah Sub Distribution Panel (SDP). Panel listrik yang satu ini menggunakan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) yang merupakan salah satu komponen electrical yang berfungsi sebagai pengaman dan pemutus arus ketika terjadi arus pendek (korsleting) atau kelebihan beban (overload) yang dapat menyebabkan kerusakan pada motor listrik dan kebakaran karena percikan bunga api. untuk mendistribusikan listrik yang berasal dari panel LVMDP((Low Voltage Main Distribution Panel).

3.Panel Synchronizing

Yang berikutnya adalah Panel Synchronizing atau yang lebih dikenal sebagai Panel Synchrony genset merupakan panel yang terdiri dari dua atau lebih dan dioperasikan secara otomatis maupun manual. Generator syncronize panel atau panel sinkron genset adalah panel yang berfungsi untuk menyelaraskan phasa dari dua sumber generator AC atau lebih.

Jadi Pada panel Synchronizing biasanya terdiri dari beberapa genset dengan kapasitas yang berbeda. Yang mana genset tersebut akan menerima beban secara bersamaan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan di atur oleh panel synchronizing.

4.Panel Listrik LVMDP dan LVSDP

Panel LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) memiliki fungsi untuk memeriksa daya dari Transformator atau trafo PLN kemudian mendistribusikannya pada panel LVSDP.

Sedangkan panel listrik LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel) memiliki fungsi untuk mendistribusikan atau membagi daya kepada berbagai macam beban atau alat elektronik yang akan di gunakan.

5.Panel Level Control

Nah yang Sering disebut sebagai Water Level Control (WLC) adalah salah satu jenis panel listrik yang dalam metode pengoperasian nya memanfaatkan energi listrik sebagai motor listrik untuk memompa air yang juga berfungsi sebagai alat kontrol saat akan mengisi air ke bak penampungan.

Jenis Panel ini biasanya banyak digunakan pada berbagai industri pompa air atau bahkan keperluan rumah tangga yang banyak di temui saat ini tujuannya untuk mempermudah saat pengisian air agar tidak perlu repot-repot di kontrol lagi.

Namun Fungsi utamanya yaitu untuk mengontrol tangki penampungan sesuai dengan kapasitas airnya agar tidak luber atau meluap ke atas. WLC ini juga dilengkapi dengan pelampung yang berfungsi untuk menentukan batas air dalam penampungan yang terdiri dari pelampung bawah, pelampung tengah dan pelampung atas.

Pelampung bawah berfungsi mendeteksi ketika level air rendah makan motor pompa air akan beroperasi memompa air

Pelampung tengah berfungsi untuk mendeteksi ketika level air telah terisi makan motor akan terus beroperasi sampai mencapai pelampung atas

Pelampung atas berfungsi untuk mendeteksi level air maximal telah tercapai dan akan berfungsi mematikan pompa mesin air

Hal ini sanggat memudahkan kita bukan Oleh karena itu, kita tidak perlu  khawatir air akan terbuang sia-sia bila bak penampungan penuh. Karena panel listrik yang satu ini akan mati secara otomatis apabila air telah penuh.

6.Panel KWH

Yaa Jenis panel listrik yang pertama yang di temui sebelum panel listrik lain adalah panel KWH yang berguna untuk menjadi tempat berkumpulnya beberapa KWH agar dapat terkontrol dan terdata secara teratur.

Untuk Fungsi lainnya yaitu juga sebagai alat pengukur daya dengan beban masing-masing yang telah terpasang pada kwh. Panel KWH meter umumnya banyak digunakan pada pemakaian dengan skala besar seperti pada perusahaan, industri, pabrik dan lain sebagainya.

7.Panel Capacitor Bank

Yang berikutnya adalah Panel listrik capacitor bank. Berbagai keuntungan dapat anda peroleh ketika menggunakan panel listrik yang satu ini. Capacitor bank ini sanggat banyak di aplikasikan pada panel listrik karena memiliki fungsi dan manfaat yang sanggat besar untuk pemakaian listrik

Untuk Salah satunya adalah sebagai penurun ampere dengan beban motor, sebagai penghilang daya induktif pada motor, membuat motor lebih stabil dan dingin sekaligus menghemat pemakaian energi listrik. Jadi secara tidak langsung pemasangan alat ini dapat menghemat listrik sekala besar

8.Panel Genset AMF ATS

Untuk Panel genset AMF ATS sering disebut juga sebagai automatic start dan stop genset. AMF yang merupakan singkatan dari Automatic Main Failure dan ATS yang merupakan singkatan dari (Automatic Transfer Switch).

Panel ini sanggat membantu parah teknisi atau pengguna bangunan dengan adanya panel ini ketika power listrik PLN padam ataupun kembali menyala panel ini akan secara otomatis melakukan tugasnya untuk menyalakan dan mematikan power listrik yang ada.

Panel ini merupakan salah satu komponen pada genset yang memiliki fungsi untuk menghidupkan genset secara otomatis apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN.

Sedangkan kegunaan ATS (Automatic Transfer Switch) berfungsi untuk menutup aliran listrik dari PLN dan membuka suplay listrik secara otomatis.

9.Panel Change Over Switch (COS)

Untuk yang terakhir Jenis panel listrik yang selanjutnya adalah panel change over switch. Fungsi panel jenis ini adalah untuk  memutus dan menyambung  aliran arus listrik langsung dari pusat (sumbernya). Panel listrik jenis ini biasanya dioperasikan secara manual dan otomatis biasanya ketika para petugas PLN akan melakukan perawatan panel ini akan di operasikan manual menggunakan tuas untuk mematikan power dari jaringan tiang listrik PLN agar dalam perawatan dapat di lakukan dengan aman

Itulah beberapa jenis panel listrik yang saat ini di gunakan pada gedung-gedung besar atau industri yang memerlukan daya besar dengan sistem otomatis

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Panel Listrik Dan Fungsinya"