Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Itu …???

Mesin sumber listrik bertenaga matahari (suryayaitu mesin sumber energi listrik dengan bahan pembentuk listrik utama yang berasal dari pengubahan energi panas pancaran sinar matahari ke dalam bentuk energi listrik.

Sejarah Penemuan Panel Surya

Penemuan pembangkit listrik tenaga surya atau efek fotolistrik dan fotovoltaik menyebabkan kemajuan signifikan dalam dunia sains, khususnya mengenai penggunaan tenaga surya. Dalam sejarah penemuan energi matahari ini, terdapat beberapa ilmuwan menyumbangkan teorinya, yang akhirnya berkembang menjadi apa yang kita sebut sebagai panel tenaga surya modern, yaitu:

1. Tahun 1839; Ilmuwan Prancis Alexandre-Edmond Becquerel menciptakan sel fotovoltaik, sebuah ide awal yang menginspirasi perkembangan masa depan fotovoltaik.

2. Tahun 1873; Willoughby Smith menemukan efek fotovoltaik dalam selenium.

3. Tahun 1883; Charles Fritts mengembangkan sel tenaga surya menggunakan selenium yang dilapisi dengan emas.

4. Tahun 1883; John Ericsson menciptakan "motor matahari" untuk menjalankan boiler uap menggunakan konstruksi palung parabola (PTC), satu set cermin cekung yang memusatkan sinar matahari pada tabung penerima panas, untuk mengubah sinar matahari menjadi energi murni.

5. Tahun 1884; Charles Fritts memasang panel surya pertama salah satu atap rumah di New York City.

6. Tahun 1888; Wilhelm Hallwachs menggambarkan bentuk fisika sel fotovoltaik. Ini dikenal sebagai Efek Hallwachs.

7. Tahun 1905; Albert Einstein menjelaskan bagaimana cahaya dapat menciptakan arus listrik dengan menjatuhkan elektron dari atom ke dalam logam tertentu.

Bagaimanakah cara kerja Mesin Listrik tenaga surya?

Mesin listrik Tenaga surya bekerja dengan mengubah energi dari matahari menjadi listrikAda dua bentuk energi yang dihasilkan dari matahari untuk kita gunakanyaitu energi listrik dan energi panas. Keduanya dihasilkan melalui penggunaan panel surya dengan ukuran tertentu dan biasanya diletakkan pada atap perumahanDi samping ituada juga panel surya dengan jumlah yang sangat banyakyang dipasang membentang di atas berhektar-hektar tanah.


Apakah tenaga surya adalah sumber energi terbarukan dan Tidak Beremisi ?
Yatenaga surya adalah sumber energi terbarukan dan tak terbatas -selama matahari terus bersinarenergi akan dilepaskan dan dihasilkan.
Selain ituEnergi tenaga surya merupakan energi yang bersih dari limbah emisi ataupun gas buangantidak seperti pada energi hasil pembakaran solar maupun jenis bahan bakar lainnya,  konversi sinar matahari menjadi listrik tidak menciptakan emisi gas rumah kaca  berbahaya.
Jejak emisi karbonnya pun tergolong cukup kecil, serta ketahanan alatnya pun terjamin sangat tahan lama, karena panel surya mampu bertahan selama 25 tahun, ditambah lagi tanpa kehilangan efisiensi sedikitpun.

Energi Matahari Adalah Energi Yang Melimpah

Energi dari matahari yang dipancarkan  ke bumi dalam satu jam ternyata masih lebih banyak daripada jumlah energi matahari yang digunakan oleh semua orang di dunia dalam satu tahun. Karenanya, sudah banyak dibuat Berbagai teknologi untuk mengubah sinar matahari menjadi energi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Penggunaan energi matahari dengan Teknologi surya yang paling umum adalah digunakan untuk rumah dan bisnis, dalam bentuk fotovoltaik surya penghasil listrik.

Hingga sekarang, Bisnis dan industri sudah banyak menggunakan teknologi surya untuk mendiversifikasi sumber energi mereka, meningkatkan efisiensi, dan menghemat uang perusahaan. Pengembangan dan penggunaan energi surya melalui fotovoltaik surya saat ini juga bahkan sudah memusatkan perhatian pada teknologi tenaga surya untuk menghasilkan listrik dalam skala besar untuk memberi daya listrik pada kota-kota kecil.

Dasar-dasar Teknologi Fotovoltaik Surya

Alat tenaga surya atau Sel surya juga disebut sel fotovoltaik, alat ini mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik. Fotovoltaik (sering disingkat sebagai PV) berfungsi sesuai namanya, yaitu alat tenaga surya untuk proses mengubah cahaya (foton) menjadi listrik, yang prosesnya disebut efek fotovoltaik.

Alat Fenomenal ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954 oleh para ilmuwan di Bell Laboratories yang menciptakan sel surya terbuat dari silicon, yang menghasilkan arus listrik ketika terkena sinar matahari.

Saat sekarang, Sel tenaga surya ini kemudian dikembangkan dan bahkan sudah digunakan untuk menyalakan satelit ruang angkasa, serta barang-barang yang lebih kecil lainnya seperti kalkulator dan jam tangan.

Listrik dari sel tenaga surya sekarang ini telah menjadi sumber energi listrik dengan biaya yang kompetitif dan murah di banyak Negara. Selain itu, sistem fotovoltaik saai sekarang juga sedang dikembangkan dalam skala besar untuk membantu menyalakan jaringan listrik di berbagai kota di dunia.

Alat Tenaga Surya Berdasarkan Bahannya

1. Sel Tenaga Surya Berbahan Silikon

Sebagian besar sel tenaga surya saat ini terbuat dari silicon, yang menawarkan harga yang terjangkau dan efisiensi yang baik dalam hal mengubah sinar matahari menjadi listrik.

2. Sel Surya Dengan Layar Film Tipis

Teknologi fotovoltaik lain yang umum digunakan dikenal sebagai sel surya dengan layar film tipis, karena terbuat dari lapisan bahan semikonduktor yang sangat tipis, seperti kadmium telluride atau tembaga indium gallium diselenide. Ketebalan lapisan sel ini hanya beberapa micrometer.

Sel tenaga surya dengan film tipis lebih fleksibel dan ringan, hal itu membuatnya ideal untuk penggunaan portabel — seperti di ransel prajurit TNI— atau untuk digunakan dalam produk lain yang menghasilkan listrik dari matahari. Jenis sel tenaga surya dengan film tipis dikenal lebih mudah pembuatannya daripada sel tenaga surya berbahan silicon.

3. Sel Tenaga Surya III-V

Model ketiga teknologi fotovoltaik dinamai berdasarkan elemen yang menyusunnya. Sel surya III-V terutama dibangun dari unsur-unsur dalam Kelompok III - misalnya, gallium dan indium - dan Kelompok V - misalnya, arsenik dan antimon - dari tabel periodik.

Sel tenaga surya ini umumnya jauh lebih mahal untuk diproduksi daripada teknologi tenaga surya lainnya. Tetapi elemen-elemen tersebut berkemampuan mengubah sinar matahari menjadi listrik dengan efisiensi yang jauh lebih tinggi. Karena itu, sel tenaga surya ini sering digunakan pada satelit, kendaraan udara tak berawak, dan penggunaan lainnya yang membutuhkan rasio tinggi antara besaran listrik dan beratnya benda yang digunakan.

4. Sel tenaga Surya Generasi Berikutnya

Peneliti sel tenaga surya di NREL dan juga di tempat riset lainnya saat ini sedang mengembangkan teknologi fotovoltaik baru - yaitu sel tenaga surya yang terbuat dari bahan organik, titik-titik kuantum, dan bahan organik-anorganik hibrida (yang juga dikenal sebagai perovskit).

Teknologi generasi berikutnya ini mungkin akan menawarkan biaya produksi yang lebih rendah, kemudahan pembuatan yang lebih besar dan tinggi, ataupun manfaat lainnya.

Penelitian fotovoltaik lebih dari sekadar membuat sel surya berbiaya rendah ataupun berbiaya tinggi. Sebab, para konsumen dari kalangan pengguna rumahan dan bisnis pasti akan mencari bukti yang meyakinkan dulu bahwa panel surya yang mereka pasang tidak akan menurun kinerjanya, dan akan bisa terus menghasilkan listrik secara selama bertahun-tahun.

Concentrating Solar Power (CSP : Pemusatan Tenaga Surya)

Para peneliti di National Renewable Energy Laboratory (NREL) saat ini memusatkan penelitian ilmiah, pengembangan teknik, dan juga analitis berbagai hasil riset untuk membantu memajukan inovasi dalam pemusatan teknologi tenaga surya (CSP), untuk memproduksi listrik berjumlah besar.

Teknologi ini menangkap sinar matahari untuk menghasilkan panas yang mendorong sistem pembangkit termoelektrik konvensional yang diproyeksikan sebagai bentuk energi tenaga surya terbaik di masa depan.

Fitur unik dari CSP adalah kemampuannya untuk menyimpan bahan yang dipanaskan dari sinar matahari dalam sistem penyimpanan energi termal yang alatnya bisa dibuat dengan mudah, murah, dan efisien. Energi termal yang tersimpan dapat disadap antara matahari terbenam dan matahari terbit atau bahkan selama cuaca berawan, untuk menyediakan energi listrik terbarukan sesuai kebutuhan para penggunanya.

Itulah informasi yang bisa kamu ketahui tentang apa itu pembangkit listrik tenaga surya yang sering kita temukan terpasang pada beberapa wilaya di dunia sebagai sumber penghasil listrik

 

Posting Komentar untuk "Pembangkit Listrik Tenaga Surya"