Sistem Kerja Rangkaian Listrik Pada Lampu Lalu Lintas

Lampu Lalu Lintas ialah sebuah pedoman jalan ketika berada di jalan raya, alat tersebut memiliki fungsi yang sangat penting demi keselamatan pengendara.

Terlebih memanfaatkan lampu lali lintas dengan 3 warna tersebut membuat anda lebih berhati-hati dalam melakukan perjalanan.

Dengan menggunakan lampu lalu lintas, membuat pengguna jalan akan lebih teratur dan akan memberikan keselamatan bagi pengguna.

Namun apakah anda mengetahui sistem kerja rangkaian listrik pada lampu lalu lintas tersebut, sebuah alat yang memiliki fungsi yang sangat penting tersebut.

Ternyata memiliki sistem rangkaian listrik yang memiliki fungsi untuk menertibkan pengguna jalan ini memiliki sistem kerja yang sangat mudah dipahami.

5 Prinsip Kerja  Rangkaian Listrik Pada Lampu Lalu Lintas

Prinsip kerja rangkaian listrik lampu lalu lintas ini ternyata memiliki sebuah langkah yang sangat modern, seiring perkembangan zaman yang kini sudah sangat maju.

Dahulu kala rangkaian lampu lalu lintas ini tidak seperti sekarang, ditemukan pada tahun 1800 di London Inggris.

Seorang insinyur yang juga berperan sebagai manager kereta api yang bernama J.P Knight menciptakan sebuah lampu lalu lintas Stop & Go.

Namun seiring bertambahnya sistem teknologi yang tinggi, maka kini kita bisa melihat lampu lalu lintas dengan sangat baik dan teknologi modern di setiap persimpangan jalan.

Berikut ini 5 prinsip kerja rangkaian listrik yang terdapat pada lampu lalu lintas yang sangat mudah anda temui dan berperan besar ketika berkendara.

Adanya Sistem Automatics Traffic-Light Control System (ATCS)

Dalam sistem rangkaian listrik di dalam lampu lalu lintas sudah terdapat yang namanya sistem Automatics Traffic-Light Control System (ATCS).

Sistem tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna jalan diantaranya menentukan durasi waktu pada lampu lalu lintas tersebut.

Selain itu sistem ini juga bisa bisa mengatur waktu tersebut berdasarkan kepadatan pengguna jalan dan kemacetan di jalan raya.

Memiliki Sistem Kamera Microcontroller

Selanjutnya dalam rangkaian listrik lampu lalu lintas tersebut sudah terpasang alat kamera microcontroller yang dapat menghitung kepadatan kendaraan.

Sehingga sistem ini bisa mengontrol jumlah kendaraan dan kepadatan pengguna jalan yang memungkinkan untuk durasi waktu yang ditentukan.

Menyalakan Lampu Lalu Lintas Secara Default

Kemudian sistem selanjutnya ialah dengan menyalakan lampu secara default yang akan diproses melalui computer sehingga data kendaraan akan sangat mudah terproses.

Selain itu sistem kerja ini juga memiliki sistem searah jarum jam yang akan memberikan durasi waktu dan ketentuan lampu lalu lintas berubah warna

Mengatur Laju Kendaraan Di persimpangan

Mengatur laju kendaraan di persimpangan dengan 3 buah warna yang berbeda akan memberikan banyak sekali manfaat bagi pengguna.

Terlebih dalam sistem yang sangat mudah tersebut, setiap lampu tersebut memiliki durasi waktu yang sangat berbeda.

Merah untuk berhenti, kuning untuk symbol kehati-hatian atau persiapan untuk melaju atau berhenti dan hijau untuk melaju.

Lampu Menyala Sesuai Giliran

Sudah diketahui bahwa ada 3 lampu lalu lintas yang ada di dalam sistem rangkaian listrik tersebut yang memiliki fungsi masing-masing.

Dengan kelengkapan sistem listrik yang sangat canggih, membuat lampu menyala sesuai giliran dan juga durasi waktu yang sangat berbeda.

Ketiga lampu tersebut harus anda perhatikan dengan cara yang sangat teliti agar anda bisa aman dan juga nyaman dalam berkendara.

Itulah sistem dan prinsip kerja rangkaian listrik yang terdapat di dalam lampu lalu lintas yang akan memberikan banyak sekali manfaat.

Terlebih dengan mengetahui cara kerja dari sistem listrik lampu lalu lintas, maka anda akan semakin hati-hati kala berkendara.

 

Posting Komentar untuk "Sistem Kerja Rangkaian Listrik Pada Lampu Lalu Lintas"