Masalah Yang Muncul Bila Tidak Ada Listrik

Saat ini listrik menjadi energi yang telah di manfaatkan hampir di seluruh dunia peran dan manfaatnya tidak bisa di pisahkan lagi dalam segala lini kehidupan terutama dalam berlangsungnya roda perputaran ekonomi dunia.

Namun tidak sedikit daerah yang saat ini masih tidak teraliri listrik terutama di daerah terpencil pedesaan dan kepulauan, ini menjadi tanggung jawab kita bersama agar Dimasa yang akan datang listrik dapat merata menerangi seluruh pelosok terutama di Indonesia.

Tahukah kamu akibat jika listrik tidak ada bahkan musna dari dunia ini, apa yang akan terjadi dan apakah mungkin terjadi?

Jadi apa dampak yang terjadi jika tidak ada listrik

Saat ini energi listrik yang paling di manfaatkan yaitu penerangan saat malam hari seperti kita ketahui saat malam hari aktifitas akan terbatas karena kurangnya pencahayaan. Namun karna adanya listrik masalah ini dapat teratasi sehingga di malam hari pencahayaan dapat terbantu karna adanya listrik.

Inilah beberapa dampak yang terjadi akibat tidak adanya listrik

1. Pencahayaan Yang Kurang

masalah yang pertama tentu pada pencahayaan yang kurang. Karena sekarang ini nyaris keseluruhannya pencahayaan rumah telah memakai bohlam yang tentu saja memakai energi listrik untuk menghidupkannya. Untuk memakai lilin atau lampu tempel sangat jarang di temui saat ini terkecuali di daerah pedalaman pedesaan dan pulau terpencil.

Penerangan pada jalan umum saat ini sangat terbantu dengan adanya listrik yang hampir tiap sudut jalan terdapat lampu jalan yang membantu menerangi saat malam hari. Jika listrik tidak ada jalanan akan kembali gelap gulita dan tentu sanggat berbahaya bagi pejalan kaki dari tindakan kejahatan.

2. Sistem Komunikasi Hilang

Penggunaan telpon genggam saat ini tentu menggunakan listrik dalam pengoperasian ya mulai dari mengisi ulang baterai sampai untuk bisa berkomunikasi kepada keluarga.

Sinyal handphone dan jaringan internet di kendalikan oleh listrik dari sumber pemancar menuju handphone kita maupun handphone lain jika listrik tidak ada maka kita tidak bisa berkomunikasi dan menggunakan internet.

3. Terputusnya Transportasi

Saat ini jenis transportasi yang paling cepat untuk menuju berbagai daerah adalah pesawat terbang, navigasi pesawat terbang di kendalikan oleh listrik untuk memandu jalur pesawat agar tetap pada posisinya jika listrik tidak ada maka pesawat terbang tidak bisa beroperasi.

Di sisi lain saat ini kereta listrik dan mobil listrik sudah banyak kita temui, sesuai dengan namanya jenis transportasi ini menggunakan listrik untuk bisa berjalan tanpa listrik alat transportasi ini tidak bisa di gunakan lagi.

4. Pelayanan Kesehatan menurun

Alat kesehatan yang di gunakan di rumah sakit saat ini menggunakan listrik untuk memeriksa pasien dan mendiagnosa penyakit jika listrik tidak ada maka tenaga kesehatan akan kesulitan dalam menangani pasien dan akan kembali seperti dulu yaitu dengan sistem manual dalam memvonis suatu penyakit

5. Perputaran Ekonomi Negara Akan menurun

Di era saat ini semua pekerjaan telah banyak di lakukan oleh tenaga mesin seperti pada pabrik-pabrik dan perusahaan besar dalam memproduksi suatu alat.

Jika listrik tidak ada maka semua pekerjaan akan di lakukan secara manual, jika ini terjadi kecepatan produksi akan menurun dan tentu akan berdampak pada perputaran ekonomi negara.

6. Produktifitas Kerja menurun

Kerja produktif adalah suatu hal yang di inginkan oleh parah pemilik perusahaan dengan kerja produktif maka hasil yang baik akan muncul dan terus berkembang, namun hal ini tentu di tunjang dengan fasilitas yang memadai dan peralatan yang lengkap.

Saat ini semua peralatan kerja menggunakan listrik untuk dapat di gunakan dalam membantu pekerjaan namun jika listrik tidak lagi tersedia maka secara otomatis kinerja akan menurus dan tentu berdampak pada produktifitas pekerjaan.

7. Ketertinggalan informasi

Saat ini sarana informasi yang kita dapatkan mulai dari media tv radio handphone semua di jalankan menggunakan listrik agar dapar beroperasih.tanpa listrik alat ini tidak akan berfungsi dan secara tidak langsung akan berdampak pada penyampaian informasi yang akan di sampaikan.

Sehingga informasi akan di sampaikan melalui surat yang tentu akan memerlukan waktu yang cukup lama agar sampai kepada penerima informasi tersebut.

8. Kesulitan Air Bersih

Air bersih di manfaatkan hampir seluruh manusia di dunia terutama di daerah perkotaan air bersih di salurkan melalui pipa-pipa yang di salurkan ke rumah-rumah atau perkantoran juga perusahaan yang di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, air bersih juga banyak di peroleh dari sumur-sumur bawah tanah yang di dorong ke atas memakai mesin yang tentu semua itu menggunakan listrik dalam menjalankannya.

Tanpa listrik untuk memperoleh air bersih akan sulit terlebih pembuatan sumur gali sudah jarang di temui dan memakan tempat dan waktu yang tidak efisien.

Pada dasarnya listrik saat ini tidak bisa di pisahkan oleh kehidupan manusia. Tanpa listrik semua aktifitas akan kembali ke zaman dulu dimana teknologi tidak ada yang ilmu pengetahuan menjadi tertinggal. Peran listrik menjadi penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia di seluruh dunia

 

Posting Komentar untuk "Masalah Yang Muncul Bila Tidak Ada Listrik"