Mesin Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan

 

Generator Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan Mesin …???

Apakah kamu pernah dengar “Mesin Genset” ? Mesin genset merupakan singkatan dari “Mesin generator set”. Genset merupakan sebuah mesin generator penghasil listrik yang digunakan menyediakan energi listrik skala kecil, misalnya yaitu untuk digunakan dirumah saat mati listrik, atau juga tempat-tempat lainnya saat tidak ada suplai listrik dari PLN.

Genset adalah bentuk kecil dari generator pembangkit tenaga listrik, yang dalam skala besarnya menggunakan mesin diesel dengan bahan bakar berupa minyak bumi atau solar. Genset kecil biasanya menggunakan bahan bakar berupa bensin campuran, atau juga solar.

Dalam sebuah mesin pembangkit listrik, baik mesin kecil seperti genset maupun mesin besar seperti mesin diesel milik PLN, keduanya mempunyai cara kerja yang mirip, dimana keduanya bekerja dengan merubah bentuk energi gerak yang dihasilkan mesin genset menjadi energi listrik melalui sebuah dynamo.

Saat beraktivitas setiap hari, kamu tentu sering mendengar atau bahkan sering melihat penggunaan mesin generator listrik. Pada umumnya, mesin generator listrik seperti ini dipakai pada bangunan-bangunan yang butuh aliran listrik yang teta stabi dan terjamin, contohnya pada pabrik-pabrik, hotel-hotel, Bandar udara, dan juga rumah sakit.

Ketersediaan sebuah generator listrik seperti genset, sangat dibutuhkan pada berbagai tempat dan bangunan tersebut agar tidak terjadi gangguan pada berbagai aktivitas yang butuh listrik di dalamnya, khususnya saat tiba-tiba terjadi listrik mati.

Generator adalah mesin dengan fungsi utama untuk menghasilkan aliran listrik untuk berbagai keperluan, yang bekerja dengan sistem induksi elektromagnetik. Pada sebuah generator, dilakukan proses pengubahan energi gerak mekanik ke dalam bentuk energi listrik.

Selain tenaga diesel, Ada juga bermacam sumber energi penggerak sebuah generator listrik.Contohnya, sebuah pembangkit listrik bertenaga angin, generatornya digerakkan dengan dorongan angin pada turbin kincirnya untuk berputar.

Sistem Kerja Generator

Mungkin kamu sudah bahwa generator listrik merupakan mesin yang digunakan untuk merubah energi mekanik ke dalam bentuk energi listrik. Sebetulnya, mesin generator tidaklah bisa menghasilkan energi listrik, namun ia cuma digunakan pada proses pengubahan energi mekanis menjadi energi listrik.

 

Cara generator membuat sebuah aliran listrik yaitu dengan cara induksi elektromagnetik. Induksi ini dihasilkan saat rotor berputar bersama kutub-kutubnya. Saat kumparannya yang terletak kutub tersebut tersuplai dengan arus tegangan searah, maka bagian muka kutub itu muncul medan magnet dengan gerakannya yang memutar.

Pertama kalinya, generator listrik diperkenalkan oleh penemunya yang bernama Michael Faraday tepatnya di tahun 1831. Saat itu, Michael berhasil mengamati dan menyimpulkan fakta sains baru yaitu pengiduksian arus listrik menggunakan gerakan konduktor listrik dalam sebuah permukaan magnet.

Gerak konduktor itu akan bisa membuat beda tegangan pada dua ujung kabel yang menghantarkan listrik, hasilnya energi listrik itu mengalir, lalu membuat dihasilkannya arus listrik.

Tipe Generator Listrik

Generator listrik berdasarkan arah alir listriknya dibagi menjadi dua jenis, keduanya adalah berikut :

1. Generator Listrik AC

Generator listrik AC (singkatan: Alternating Current) yaitu sebuah mesin generator yang dipakai dalam membuat arus listrik dua arah atau bolak-balik. Umumnya, generator listrik AC ini punya dua kabel yang polaritasnya adalah kutub positif dan kutub negatif.

Pada jaringan kabel generator listrik ini, dua ujung pada kumparan dynamo dalam mesin tidak saling Menyentuh, sebab dikoneksi menggunakan hanya satu buah slipring saja.

2. Generator Listrik DC

Generator listrik DC (singkatan: Direct Current) yaitu mesin generator yang dipakai menciptakan listrik searah.

Titik bedanya dari generator listrik AC yaitu bahwa Generator listrik DC tidak memiliki slipring, sebagai gantinya generator DC memakai dua buah brush, yang diletakkan pada sisi kiri dan sisi kanan kumparannya.

Saat generator ini bekerja, dua ujung kumparan berpolaritasnya bersentuhan dengan brush berurutan, hal itu lalu membuat generator DC mampu memproduksi arus listrik searah.

 

 

Kegunaan Generator Listrik

Pemanfaatan generator listrik paling mendasar yaitu untuk membuat energi listrik melalui pengubahan gaya gerakan mekanik. Meski begitu , terdapat sejumlah kegunaan dari pemanfaatan sebuah mesin generator listrik, di antaranya adalah:

1. Sebagai Mesin Penghasil Listrik

Generator dikenal sebagai alat utama yang digunakan sebagai penghasil listrik, baik skala kecil rumah tangga, atau juga listrik skala besar seperti pada PLN. Saat ini, umumnya generator listrik skala kecil dan besar tersebut digerakkan dengan pemanfaatan bahan bakar minyak seperti bensin dan solar.

Meskipun begitu, sebetulnya terdapat pula jenis bahan bakar lain dan juga sumber tenaga lain yang sudah dipakai saat ini untuk menghasilkan listrik. Berbagai sumber energi penghasil listrik tersebut di antaranya adalah tenaga air, tenaga surya matahari, tenaga gas alam, tenaga gelombang laut, tenaga angin, dan lain sebagainya.

2. Sebagai Penyedia dan Pencadangan Listrik

Jika kamu berkunjung ke berbagai tempat umum seperti minimarket, kantor sekolah, rumah sakit, dan bahkan rumah makan atau restoran, maka kamu akan menemukan bahwa di semua tempat tersebut terdapat sebuah generator listrik yang biasanya ditempatkan pada bagian belakang bangunan tempat-tempat tersebut.

Kehadiran generator pada semua tempat itu bertujuan sebagai mesin penyedia listrik saat terjadi mati listrik secara mendadak. Tersedianya generator pada berbagai fasilitas umum juga bertujuan agar semua aktivitas kerja penting pada tempat-tempat tersebut tidak terganggu saat listrik secara mendadak padam.

Cobalah periksa pula di rumahmu, kemungkinan juga bahwa di rumahmu terdapat generator listrik yang sengaja disiapkan oleh orang tuamu agar bisa dipakai saat terjadi pemadaman listrik, khususnya pada malam hari.

Penemuan Awal Generator

Seperti sudah disebukan di atas, mesin Generator listrik pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang ahli sains bernama Michael Faraday, yaitu pada tahun 1831. Bentuk Generator listrik  yang saat itu diperkenalkan belum berbentuk seperti sekarang, saat itu generator hanya terbuat dari kawat besi bermodel “U”, yang terlilit oleh gulungan kawat panjang.

Generasi pertama dari Generator ini disebut Generator Cakram Faraday. Generator ini dibuat memanfaatkan sistem induksi elektromagnetik. Generator listrik ini bekerja dengan cara memutarkan kumparan pada permukaan medan magnet, yang kemudian memunculkan energi induksi.

Setelah mengalami waktu yang panjang, dengan berbagai pengembangan yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, saat ini dalam sebuah generator listrik

sudah dibuatkan dua buah komponen utamanya, yaitu sebuah stator (bagian generator yang diam) dan juga sebuah rotor (bagian generator yang bergerak). Rotor pada generator dihubungkan dengan porosnya, yang akan memutari pusat stator.

Setelah itu, poros pada generator itu digerakkan memakai energi yang diperoleh dari pengolahan berbagai sumber energi, misalnya bahan bakar minyak berupa bensin dan solar, maupun juga sumber energi lainnya seperti tenaga air, tenaga surya, dan lain sebagainya.

Generator Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan Mesin …???

Generator Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan Mesin diesel, contohnya yaitu pada listrik yang kita gunakan di rumah, semuanya berasal dari listrik PLN yang menggunakan mesin diesel dengan bahan bakar solar untuk menghasilkan listrik.

 

 

Posting Komentar untuk "Mesin Pembangkit Tenaga Listrik Menggunakan"