Pengertian dan Jenis Muatan Listrik

Peranan teknologi yang semakin maju membuat kemajuan terhadap energy listrik semakin memuncak, hal ini di dasari dengan banyaknya penggunaan oleh manusia.

Perkembangan ekonomi juga tidak luput dari peranan besar listrik dan muatan listrik di dalamnya, sehingga akan membuat anda semakin menikmati perkembangan listrik.

Sudah banyak industry seperti pabrik, perkantoran dan lainnya yang tentunya membutuhkan listrik sebagai sarana pendukung dalam pekerjaannya.

Hal tersebut itulah yang akan membuat perekonomian masyarakat semakin maju dan lebih berpeluang sejahtera jika mampu memanfaatkannya.

Muatan listrik merupakan sebuah daya listrik tarik-menarik atau tolak-menolak pada suatu benda yang bisa menghasilkan daya listrik pada benda tersebut.

Pengertian Muatan Listrik

Muatan listrik awalnya di temukan oleh sebuah ilmuwan ternama bernama Benjamin Franklin dengan melakukan uji coba terhadap karet dan bulu domba.

Dari percobaan yang dia lakukan tersebut, maka sang ilmuwan menyimpulkan bahwa terdapat muatan listrik pada benda tersebut.

Kemudian dia terus melakukan penelitian mengenai daya muatan listrik pada suatu benda, sehingga dapat dia menyimpulkan bahwa setiap benda tidak bisa di samaratakan.

Bahkan berkat caranya tersebut, kita menjadi memiliki pengetahuan mengenai keberadaan listrik pada suatu benda.

Untuk mengetahui benda ada muatan listrik maka kita hanya perlu untuk menggosokkan kedua benda tersebut.

Menggosokkan benda tersebut, akan semakin memudahkan anda untuk mengetahui muatan listrik pada suatu benda.

Apakah memiliki kesamaan muatan listrik atau tolak menolak karena memiliki muatan listrik yang berbeda ketika di gosok.

Melalui penemuan yang sangat luar biasa tersebut, perkembangan listrik hingga kini sudah semakin berkembang sangat pesat.

Bahkan seluruh dunia hampir memiliki daya listrik yang sangat besar, untuk itu kita perlu mensyukuri bahwa kehadiran listrik memang berperan sangat besar.

Terlebih dalam dunia industri maupun dunia perkantoran, listrik akan menjadi tombak utama dalam menjalankan sebuah kegiatan penting.

Ciri-Ciri Muatan Listrik

Penemuan yang tentang muatan listrik ini bukan hanya sebatas pengertian, satuan, dan simbol saja, tetapi sampai kepada jenis-jenisnya.

Benjamin Franklin yang menjadi penemu dari muatan listrik membagi dua jenis muatan listrik, yaitu muatan positif atau proton dan muatan negatif atau elektron.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri muatan listrik yang perlu anda ketahui guna memberikan pengetahuan mengenai dunia kelistrikan.

Muatan Listrik Terdiri Dua Jenis

Dalam perkembangannya muatan listrik terdiri dari dua jenis yaitu muatan listrik negative (electron) dan juga muatan listrik positif (proton).

Suatu materi dapat dikatakan memiliki muatan positif, jika jumlah elektron pada materi tersebut lebih banyak dibandingkan dengan jumlah protonnya.

Sedangkan, suatu materi akan dikatakan bermuatan negatif, jika jumlah elektronnya lebih sedikit dari jumlah proton.  

Secara sederhana, semakin banyak jumlah elektron pada suatu materi, maka akan menghasilkan muatan listrik negatif, dan hal ini berlaku sebaliknya.

Muatan Bersifat Kekal

Muatan listrik pada suatu benda merupakan bagian dari muatan. Menurut Benjamin Franklin, muatan yang ada pada suatu benda memiliki sifat yang kekal.

Hal seperti ini dapat kita lihat pada dua jenis benda yang berbeda, kemudian didekatkan atau digosokkan bisa memunculkan muatan listrik.

Reaksi tarik menarik dari kedua benda tersebut akan terjadi bila muatan listrik negatif (elektron) dapat berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. 

Muatan Listrik Bisa Saling Tarik Menarik dan Tolak Menolak

Ciri ketiga dari muatan listrik adalah muatan listrik pada suatu benda bisa saling tarik menarik dan bisa juga saling tolak menolak. 

Jika kedua benda tersebut bisa saling tarik menarik, maka kita akan tahu bahwa muatan listrik antara kedua benda tersebut berbeda jenis.

Muatan listrik yang sama atau sejenis pada suatu benda akan membuat kedua benda tersebut saling tolak menolak. 

 

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Jenis Muatan Listrik"