4 Manfaat Penting Bermain Game untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Penting Bermain Game untuk Kecerdasan Anak - Perkembangan sebuah teknologi memang tidak selalu mulus dan di setujui oleh semua pihak, karena memang tentunya Ada dampak negatif dan Fositifnya. Begitupun dengan Berkembang pesatnya teknologi Internet masa kini yang tentunya menuai pro dan kontra di masyarakat, terutama terkait dengan Andanya fenomena game online.

Sebagian besar masyarakat sejak lama menganggap bahwa video Game memberikan dampak buruk bagi anak-anak, memang ada beberapa game yang tidak baik dimainkan oleh mereka karena mengandung unsur kekerasan dan perilaku kurang baik.

Tetapi, tentunya bila Anda melihat lebih jauh, Ada game yang ternyata memang dibuat untuk mengedukasi dan melatih kemampuan daya fikir terutama untuk Anak-anak seperti belajar bahasa asing, teka-teki, strategi, tebak gambar dan lainnya.

Maka, baiknya yang harus dilakukan adalah tidak membatasi mereka untuk bermain game, asalkan kita sebagai orang tua harus mampu mengatur mereka dalam membagi waktu Antara sekolah, tugas setelah selesai sekolah, dan waktu untuk bermain game dan Anda yang menentukan game mana yang boleh di mainkan.

Nah, kembali ke pembahasan utama, jadi apa saja manfaat penting bermain game untuk kecerdasan anak? Silahkan baca artikel ini hingga selesai karena akan kita bahas secara mendetil mengenai sisi lain dari bermain game untuk anak.

4 Manfaat bermain game untuk kecerdasan anak

Melatih kemampuan motorik Anak

Telah banyak di lakukan penelitian oleh para pakar bahwa sebenarnya bermain game adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan motorik Anak dalam hal koordinasi. Dalam konteks ini, ketika Anak Anda bermain game tentunya harus mempunyai reflek yang bagus dan singkron antara mata, gerak jari dan fikiran.

Percaya atau tidak, jika Anak anda sudah terbiasa dengan koordinasi gerak tubuh yang baik maka anak anda akan lebih cekatan dan energik baik dalam berolahraga maupun saat beraktivitas apapun.

Melatih kemampuan taktis dan berfikir cepat

Dalam beberapa game, terutama teka teki ataupun bersifat strategik, Anak anda di haruskan berfikir secara taktis dan spekulatif dalam menjalankan game tersebut. Hal ini tentunya akan mengasah kemampuan berfikir anak anda menjadi lebih tajam dan kritis. Anda akan melihatnya dalam kegiatan sehari-hari saat anak Anda mencoba untuk memecahkan suatu masalah, maka akan terlihat bagaimana ketajaman dan kritis berfikir mereka.

Melatih rasa kebersamaan dan kerja sama

Ada beberapa game yang mengharuskan pemain di dalamnya bekerja sama dengan orang lain sebagai tim secara real time. Dalam memecahkan masalah atau memenangkan game tersebut, anak Anda sebagai anggota tim di haruskan untuk memahami posisi dan tanggung jawab. Dan tentunya mau tidak mau harus terbiasa untuk lebih mengedepankan tujuan bersama untuk memenangkan game tersebut.

Dengan terbiasa seperti itu, tentunya konsep kebersamaan, gotong royong dan kerjasama tim menjadi hal yang biasa bagi Anak Anda. Hal ini sangat bagus sebagai langkah awal untuk menjadi bagian dari masyarakat suatu saat nanti.

Melatih Mental Pemenang

Meski terdengar berlebihan, jika Anda mengetahui bahwa untuk bermain sebuah game juga perlu proses pemahaman, mulai dari cara bermain, memahami dan melatih kemampuan, mengatur strategi dan mengalahkan lawan. Hal itu tidak mudah terutama bagi Anak anda, namun secara tidak langsung, anak akan belajar untuk pantang menyerah saat belajar, menjalani proses, kritis dan juga menjadi pemenang.

Kesimpulan

Tentunya selain menyenangkan dan memberikan dampak manfaat secara tidak langsung, baiknya Anda sebagai orang tua tetap memberikan batasan. Karena bermain game secara berlebihan bisa membuat kecanduan.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Penting Bermain Game untuk Kecerdasan Anak"