6 Penyebab ac dingin tidak merata

Penyebab AC dingin tidak merata - AC memang sudah menjadi barang kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat terutama yang tinggal di daerah dataran rendah, yang biasanya panas.

Dan lagi, tidak setiap rumah memiliki sirkulasi udara yang bagus, sehingga terkadang kita merasa pengap dan panas karena hal itu. Layaknya barang elektronik pada umumnya, semakin lama di pakai tentu kualitas dan performa AC sudah pasti menyusut.

Hal itu tentu akan sangat mengganggu jika Anda memang tidak memahami sama sekali mengenai cara kerja sistem pada AC. Masalah yang paling sering terjadi pada pendingin ruangan tidak terasa dingin atau tidak merata.

Nah, untuk menjawab permasalahan tersebut akan Kami ulas mengenai Penyebab ac dingin tidak merata, dan cara mengatasinya.

Apa yang menyebabkan Air conditioner tidak dingin

AC yang tidak dingin atau dingin tetapi tidak konsisten atau merata, akan kita bahas dan berikut uraiannya:

Filter AC kotor

Salah satu penyebab ac dingin tidak merata adalah penyaring pada bagian pendingin yang bermasalah. Jika Kebetulan rumah Anda memang berdebu, maka ini adalah permasalahan yang sering terjadi.

Sebenarnya solusinya tidaklah sulit, jika Anda mempunyai peralatan untuk membongkar AC, maka hanya perlu memeriksa pada bagian filter. Jika memang di temukan banyak debu, dan sudah menggumpal, bahkan menyumbat penyaring maka harus di bersihkan secepatnya.

Membersihkan filter AC secara rutin sebenarnya harus dilakukan, baik secara mandiri ataupun dengan jasa service AC.

Berkurangnya Gas Pendingin

Ini adalah hal yang tidak banyak orang ketahui, dalam proses pendinginan udara pada AC sebenarnya dilakukan menggunakan gas pendingin. Ada 2 jenis gas pendingin, yaitu Freon dan Puron, baiknya anda ketahui hal tersebut pada saat membeli.

Setiap 6 bulan sekali idealnya Anda mengecek keadaan gas pendingin tersebut, apakah masih cukup kapasitasnya atau tidak. Karena itu adalah salah satu faktor kenapa AC tidak dingin.

Pipa Gas pendingin Bocor

Untuk proses menyalurkan gas pendingin dalam sistemnya, ada sebuah Pipa yang menghubungan antara Gas dan mesin. Nah, terkadang terjadi kebocoran akibat sudah menipis atau karena gesekan sehingga terjadi kebocoran.

Cara mengetahuinya adalah Anda coba dekati AC dan dengarkan perlahan apakah terdengar suara Desis atau tidak. Jika iya, maka kemungkinan besar ada kebocoran pada pipa. Anda cukup membeli secara online atau di toko elektonik pipa gas pendingin yang sesuai dengan spesifikasi AC yang Anda miliki.

Suhu sekitar yang lebih panas

Faktor ini harus Anda pahami dan sadari, AC berfungsi untuk menyesuaikan suhu udara ke tingkat Ideal. Jika Anda sedang berada di sebuah resort di pantai dan kebetulan sedang di waktu siang bolong, maka wajar jika AC tidak terasa dingin karena suhu sekitar yang panasnya melebihi kapasitas kemampuan AC untuk menyerap panas.

Evaporator AC bermasalah

Evaporator adalah komponen penting yang menghasilkan udara dingin pada AC, dan masalah atau Penyebab ac dingin tidak merata biasanya karena Kita menghidupkan AC terlalu lama. Terutama pada AC keluaran Lawas biasanya jika sering di hidupkan dalam waktu yang lama akan membuat Evaporator membeku dan tidak bekerja.

Sebaiknya ada mengatur waktu ketika menghidupkan AC, tidak terlalu panas sebaiknya Anda tidak perlu menggunakannya.

Suplai listrik bermasalah

Hal ini terkait dengan installasi yang kurang baik, misalnya dalam membuat jalur suplai atau penggunaan Kabel yang tidak sesuai. Tentu di samping bisa membuat AC tidak bekerja secara maksimal, juga beresiko adanya konsleting listrik.

Itulah beberapa penyebab mengapa ac tidak dingin secara merata yang sering terjadi yang mungkin juga terjadi di tempat kamu dan bisa kamu lakukan pengecekan.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab ac dingin tidak merata"