AC Rumah Bau tidak sedap? Inilah Penyebabnya!

AC Rumah Bau - memiliki pendingin ruangan di rumah memang membuat nyaman penghuninya, sejak dahulu pengingin ruangan memang sudah menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga, terlebih bagi warga yang tinggal di daerah dengan suhu lebih panas. Selain membuat nyaman juga mendapatkan udara yang lebih baik.

Namun di balik rasa nyaman dalam penggunaanya, tentu di perlukan perawatan yang rutin. Karena layaknya barang elektronik, pasti terkadang mengalami gangguan ataupun kendala terutama jika kita tidak merawatnya dengan baik. Salah satu masalah yang sering di temui dalam penggunaan pendingin ruangan pada rumah adalah AC Rumah Bau tidak sedap. Tentu sangat tidak mengenakan jika Anda dalam kondisi sedang ingin bersantai dengan udara lebih sejuk tiba-tiba mengalami kondisi seperti itu.

Berdasarkan hasil pengamatan dan riset dari para pengguna, salah satu penyebab utama AC Rumah Bau adalah karena adanya jamur dan bakteri yang tumbuh subur di saluran udara pendingin ruangan. Selain karena perawatan pada AC yang kurang baik juga karena memang usia mempengaruhi kondisi pendingin ruangan. Berikut ini kami bagikan informasi mengenai beberapa faktor penyebab AC Rumah Bau yang harus Anda waspadai.

Kelembaban Udara yang tinggi

Ini bisa jadi adalah salah satu penyebab AC Rumah Bau yang paling umum. Ventilasi berguna untuk mengganti udara dari dalam ruangan agar tidak terlalu lembab dan juga kotor. Logikanya adalah jika suhu udara dalam ruangan terlalu lembab apalagi jika kurang cahaya, maka akan mempengaruhi pertumbuhan jamur dan bakteri.

Merokok di ruangan ber-AC

Ini adalah mengapa alasanya di beberapa tempat di larang merokok mesti pendingin ruangan di matikan. Terlebih lagi di hotel atau gedung yang menggunakan jenis AC central, tentunya asap dan bau rokok yang terhisap blower pendingin ruangan bisa menyebar ke semua ruangan. Asap rokok mengandung racun yang bisa menempel pada pendingin ruangan dan juga pada benda di sekitar.

Penumpukan debu pada Pendingin ruangan

Penyebab ini sering terjadi di rumah tangga yang memang jarang membersihkan filter pendingin ruangan terurtama pada bagian evaporator. Perlu di ketahui bahwa pendingin ruangan harus secara rutin di bersihkan di bagian penyaringnya karena memang rentan. Bisa anda bayangkan debu yang menumpuk sekian lama tentunya bisa menjadi busuk dan organik karena terdapat juga pastinya bakteri.

Hal lain yang harus di pertimbangkan jika terjadi penumpukan debu pada penyaring evaporator adalah bisa mengganggu kerja pendingin ruangan, karena sedemikian tebal debu yang menumpuk bisa membuat AC menjadi tidak dingin atau dingin tidak merata.

Tumbuh jamur dan Bakteri

Ruangan yang lembab, udara yang tidak bersih dan juga di tambah perawatan yang kurang baik menjadi penyebab semua masalah yang sering terjadi pada pendingin ruangan. Meski tentunya pada kenyataanya kita tidak bisa menghindari hal-hal tersebut tetapi perawatan yang baik akan sangat mempengaruhi kinerja pendingain ruangan dalam jangka panjang.

Jamur dan bakteri bisa tumbuh subur karena adanya penumpukan, yang tentunya tidak baik untuk kesehatan penghuni rumah karena bisa terhisap. Patut di ketahui bahwa penumpukan dan AC Rumah Bau tidak sedap jika di biarkan baunya akan sangat membusuk dan malah menjadi polusi di dalam rumah itus sendiri.

Tips dari kami

Lakukanlah pembersihan saluran pipa secara berkala, dan tanda bahwa pendingin ruangan Anda telah terserang jamur adalah jika warna pada pipa tersebut sudah terlihat ada bercak warna hijau gelap.

Posting Komentar untuk "AC Rumah Bau tidak sedap? Inilah Penyebabnya!"