Cara instal dan Menggunakan Aplikasi BPJSTK di Tahun 2022

Cara instal dan menggunakan aplikasi BPJSTK - BPJSTK adalah sebuah Aplikasi yang di keluarkan secara resmi oleh pihak BPJS. Tujuan utama adanya aplikasi ini di harapkan dapat menjadi lebih familiar di mata masyarakat, sejauh ini pengguna BPJS sudah mencapai 237 juta dengan tingkat kepuasan mencapai 80 persen.

Atas dasar tersebut, di luncurkanlah aplikasi ini untuk meningkatkan jumlah pengguna dan juga memperkuat interaksi masyarakat terhadap BPJS. Juga dengan adanya aplikasi ini turut memudahkan pengguna untuk mengakses layanan BPJS terutama untuk para pekerja. Lalu, dimanakah mendapatkan aplikasi? Bagaimana cara instal dan menggunakan aplikasi BPJSTK? Kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Cara instal aplikasi BPJSTK

Cara instal dan menggunakan aplikasi BPJSTK Tergolong mudah, Berikut langkah-langkah yang harus di Lakukan:

1.Buka handphone Anda dan tap Google Playstore

2.Pilih kolom pencarian lalu ketik saja Aplikasi BPJSTK, maka Akan muncul beberapa aplikasi serupa

3.Pilihlah yang paling relevan dengan nama BPJSTK

4.Klik install, Tunggu Hingga selesai dan Buka Aplikasi BPJSTK

Setelah mengikuti tata cara di atas, bisa di pastikan aplikasi BPJSTK sudah terinstal di Handphone Anda. Selanjutnya adalah bagaimana Cara menggunakannya? Namun, sebelum menggunakannnya Anda harus mendaftarkan diri, atau membuat akun pada aplikasi BPJSTK tersebut. Nah, dan inilah langkah-langkahnya:

Penuhi beberapa persyaratan untuk mendaftar aplikasi ini yaitu Kartu Indentitas, Surel yang masih aktif, nomor keanggotaan BPJS, dan yang terakhir adalah Nomor Handphone aktif.

1.Buka aplikasi BPJSTK, dan tap di “pendaftaran Pengguna”

2.Masukan alamat surel yang masih di pakai

3.Anda akan di minta verifikasi Surel, hanya perlu membuka Inbox di surel dan dapatkan Kode pin yang di kirim.

4.Masukan Kode pin yang di dapat ke kolom yang ada di Aplikasi BPJSTKU, dan tap Verifikasi

5.Setelah sukses Proses verifikasi, sekarang anda bisa mencoba Login dengan Pin baru.

Setelay berhasil login anda harus mengonfirmasi kepesertaan di BPJS dengan cara menginput data sesuai yang di minta seperti No KTP, nama lengkap sesuai KTP dan tanggal Lahir.

•Masukan 11 angka yang tertera di Kartu BPJS kesehatan Anda

•Untuk keamanan dan Validasi, masukan Nomor Handphone Aktif dan lakukan Verifikasi melalui sms.

Nah, Jika semua langkah di atas telah di lakukan, maka anda sudah terdaftar pada aplikasi BPJSTKU sesuai dengan data Anda yang ada di database.

Fitur-fitur menarik yang Anda pada Aplikasi BPJSTKU

Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini tentunya adalah untuk memberikan kemudahan, baik dalam penggunaan maupun dalam mengakses informasin terkait BPJS. Namun, tentunya ada fitur-fitur lain yang bermanfaat yang akan anda dapat berikut diantaranya:

Kartu Digital

Banya dari kita yang sering lupa menyimpan kartu baik ATM, KTP dan sebagainya, nah hal itu juga sering terjadi pada kartu BPJS, belum lagi jika Ada kerusakan. Dengan terdaftar di aplikasi BPJSTKU, hal itu bisa di minimalisir, jika anda tiba-tiba kehilangan kartu fisik maka anda punya kartu digital yang tinggal anda cek di aplikasi.

Mengetahui Saldo JHT

Jika pada sebelum-sebelumnya kita harus ke kantor BPJS untuk mengantri hanya mendapatkan informasi saldo JHT, sekarang Anda bisa mengecek update terkini jumlah saldo JHT.

Proses klaim JHT

Tidak hanya untuk bisa memantau jumlah saldo jaminan hari tua nanti, tetapi Data Anda yang terdaftar di aplikasi akan di gunakan untuk pengajuan klaim JHT.

Penghitungan JHT

Tersedia rumus dan kalkulator untuk menghitung jumlah Jaminan Hari tua Anda.

Posting Komentar untuk "Cara instal dan Menggunakan Aplikasi BPJSTK di Tahun 2022"