Kenapa AC Rumah Tiba-tiba mati? ini penjelasanya!

AC Rumah Tiba-tiba mati..memang sering terjadi, dan biasanya jika kita sebagai pengguna memang minim pengetahuan tentang cara kerja Ac tentunya agak sedikit panik dan juga terganggu. Biasanya hal ini terjadi kebanyakan pada pendingin ruangan yang sudah berumur baik itu merek apapun.

Lalu,apa sebenarnya yang menyebabkan AC Rumah Tiba-tiba mati? simak artikel ini karena kita akan membahasnya secara tuntas dan juga cara mengatasinya.

Penyebab AC Rumah Tiba-tiba mati

Perlu anda ketahui bahwa untuk barang elektronik apapun, kejadian seperti ini tentunya sangat wajar. karena seperti halnya tubuh manusia yang bekerja secara sitematis, gangguan ataupun malfungsi kecil sering terjadi, apalagi dalam hal ini jika Ac yang Anda punya kebetulan memang sudah berumur. Dan inilah beberapa penyebab secara umum AC Rumah Tiba-tiba mati, simak penjelasanya.

Kerja Freon yang terganggu

Pada bagian ini memang secara umum orang awam akan sulit mengenalinya, hal ini terkait dengan adanya gangguan pada proses kondensasi. Penyebab umum terjadinya adalah karena adanya kebocoran pada pipa evaporator maupun kondensor. Namun sebelum mengarah ke sana baiknya Anda perikasa dahulu pada bagian instalasi , apakah sudah ada yang mengendur atau tidak. Karena getaran pada mesin bisa membuat nepel pada instalasi pendingin ruangan menjadi kendur karena getaran mesin dalam jangka waktu yang lama.

Konsleting listrik

Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada supplai tenaga listik di rumah Anda, karena AC membutuhkan tegangan yang stabil. Hanya saja, kualitas instalasi listrik bisa sangat mempengaruhi kinerja pendingin ruangan jangka panjang. Pastikan instalasi listrik rumah anda pun aman dan baik. Misalnya jika ada sambungan kabel pada instalasi listrik di rumah Anda,

Thermistor Tidak Berfungsi dengan Baik

Untuk memahami tentang ini, Anda harus tau apa itu thermistor. Thermistor adalah suatu alat atau komponen yang ada pada pendingin ruangan dan berfungsi sebagai pengatur stabilitas suhu yang telah di tentukan. Cara kerjanya sangat berkaitan dengan PCB modul dan kondensor, gambaran kasarnya adalah jika Anda misalnya menyetting suhu ruangan di angka 20 derajat selsius. Maka Thermise akan menjaganya di angka tersebut dengan cara ketika suhu ruangan sudah mencapai 20 derajat, maka Thermise akan mengirim sinyal ke kondensor untuk mematikannya terlebih dahulu hingga suhu ruangan mulai naik lagi dan berulang seterusnya.

Cara Mengatasi AC Rumah Tiba-tiba mati

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda akan lebih memahami gambaran mengenai mekanisme dan penyebab masalah yang sering terjadi pada pendingin ruangan. Ada beberapa cara mengatasi jika AC Rumah Tiba-tiba mati yang paling bisa dilakukan terutama untuk orang yang masih awam yaitu:

Jika Anda berada pada kondisi AC Rumah Tiba-tiba mati, hal pertama yang anda bisa lakukan adalah mencabut stop kontak atau matikan arus listik pendingin ruangan minimal selama 5 menit lalu nyalakan kembali, hal ini bertujuan untuk mengonfigurasi ulang AC jikalau ada masalah pada sistem digitalnya.

 Mengganti thermise

Pada kondisi ini memang mutlak Anda harus mengganti Thermistor, karena memang komponen tersebut ada batas pemakaian. Harus di ingat bahwa jika pengingin ruangan anda sudah cukup berumur maka sangat wajar thermise diganti.

 Lakukan pengecekan pada pipa

Seperti yang sudah di jelaskan di awal artikel bahwa salah satu penyebab AC Rumah Tiba-tiba mati adalah adanya kebocoran atau tekanan pada Freon yang sudah berkurang. Jika anda memang menemukan kebocoran pada pipa maka bisa mencoba melakukan penambalan, dan untuk Freon maka Anda tidak punya pilihan harus menggantinya.

Posting Komentar untuk "Kenapa AC Rumah Tiba-tiba mati? ini penjelasanya!"