Listrik Masuk Ke Rumah Pelanggan Pertama Kali Akan Melewati

Peranan energi listrik saat ini menjadi suatu penggerak kehidupan dunia yang tidak bisa di remehkan. Di mulai dari manfaat penerangan di malam hari yang begitu memberikan dampak yang luar biasa, juga sebagai sumber energi untuk mengisi daya handphone dan menyalakan alat elektronik rumah tangga maupun alat industri yang berperan penting bagi perputaran ekonomi.

Timbul pertanyaan tentang proses seperti apakah perjalanan suatu energi listrik sehingga dapat di manfaatkan untuk semua konsumen atau pemakainya.

Energi listrik yang saat ini kita gunakan tidak lepas dari manfaat sumber daya alam yang di manfaatkan sebagai pembangkit listrik seperti PLTA,PLTU,PLTD,PLTGU dan PLTP yang di atur sehingga menghasilkan energi listrik seperti yang kita rasakan saat ini.

Proses penyaluran Listrik untuk sampai ke rumah

Arus listrik yang mengalir pada setiap konsumen pertama kali melalui proses yang begitu besar yaitu sebuah pembangkit listrik, transmisi dan distribusi sehingga sampai ke konsumen. Proses yang begitu besar ini tidak luput dari peranan PLN yang memiliki masing-masing bagian pekerjaan yang bertugas mengoperasikan, mengontrol, merawat dan memperbaiki segala gangguan yang timbul pada sebuah sistem distribusi.

Pembangkit Listrik

Saat membaca tentu terlintas suatu proses yang berfungsi untuk menghasilkan listrik yang di sebut pembangkit listrik. Yaitu suatu proses perubahan energi yang berfungsi menghasilkan energi listrik dengan daya yang begitu besar sehingga dapat menerangi suatu desa ,kecamatan, kabupaten, kota maupun suatu negara dalam jangka waktu yang begitu lama.

Salah satu contoh yang sering kita lihat yaitu PLTD(pembangkit listrik tenaga diesel) yang mungkin salah satu pembaca memilikinya sendiri di rumah yang di manfaatkan ketika listrik dari PLN mengalami gangguan sehingga listrik di rumah dapat berfungsi kembali. Lalu sebesar apa pembangkit listrik tenaga diesel yang di miliki oleh PLN yang dapat menerangi suatu kota? Tentu sangat besar.

Penyaluran listrik untuk sampai ke konsumen di awali saat pembangkit listrik menyalurkan listrik ke gardu tegangan tinggi. Yang dalam gardu tersebut terdapat sebuah trafo tahap up yang berfungsi menaikkan tegangan listrik sampai 500 kv. proses ini di lakukan untuk menghindari rugi daya yang terjadi karena perjalanan listrik untuk sampai ke konsumen begitu panjang, dalam proses penyaluran yang begitu panjang ini akan menyebabkan turunnya arus listrik dan menyebabkan kabel penghantar mengalami penyusutan dari ukuran awalnya.

Hal ini di lakukan sebagai cara untuk menghemat pada sisi ekonomi saat proses telah terjadi.

Transmisi Listrik

Setelah pembangkit listrik menaikkan daya listrik, proses penyaluran listrik untuk masuk ke setiap konsumen akan melalui proses transmisi yang begitu panjang. Hal ini dapat di lihat dari panjangnya arus listrik yang terbentang di setiap jalan pada kota-kota besar.

Setelah melalui proses transmisi yang begitu panjang sebagai alat penyalur energi listrik, kita akan melihat kembali gardu tegangan tinggi yang berfungsi menurunkan daya listrik yang awalnya 500 kv menjadi 150 kv dengan bantuan trafo tahap down. Hal ini di lakukan untuk menghindari bahaya yang terjadi akibat tegangan tinggi karena jarak nya telah dekat ke rumah konsumen.

Distribusi Listrik

Ketika arus listrik yang telah di turunkan menjadi 150 kv yang telah mendekati rumah warga, arus listrik akan kembali di turunkan yang awalnya 150 kv menjadi 20 kv yang akan di teruskan ke konsumen tegangan menengah seperti pabrik dan Perindustrian. kemudian arus listrik akan kembali di teruskan ke konsumen yang akan masuk melalui gardu distribusi yang berupa tiang listrik yang memiliki trafo tahap down yang berfungsi menurunkan kembali arus listrik yang awalnya 20 kv menjadi 380 v dan 220 v. arus listrik inilah yang akan di salurkan ke rumah warga melalui tiang listrik dan kabel untuk melewati KWH sehingga dapat di manfaatkan untuk konsumen.

Setelah membaca artikel ini tentu terbayang bagaimana proses yang begitu panjang agar energi listrik dapat kita manfaatkan di rumah saat ini.

 

Posting Komentar untuk "Listrik Masuk Ke Rumah Pelanggan Pertama Kali Akan Melewati"