Tips Agar Listrik Irit Meski Ac On Terus

Tips agar listrik irit meski ac on terus - meski kita terlahir di negara tropis, tetapi sejatinya ketika suhu terasa cukup panas dan lembab membuat kita tidak merasa nyaman saat beraktivitas. Maka banyak dari kita saat ini lebih memilih menggunakan AC di rumah, agar udara terasa lebih sejuk.

Meski begitu, ternyata penggunaan daya listrik pada AC cukup tinggi. Terlebih jika kita tidak tahu banyak tentang cara penggunaanya secara efisien. Hal ini tentunya membuat beban biaya tiap bulan menjadi semakin boros hanya karena ingin sejuk.

Terlebih memang saat ini ekonomi global sedang lesu di tambah iklim dunia yang secara umum menjadi semakin panas, membuat kita berada dalam posisi yang tidak di untungkan.

Lalu, bagaimana solusinya? Jangan khawatir, Kami mempunyai tips agar listrik irit meski ac on terus untuk Anda. Cukup lakukan metode ini dan anda akan lebih hemat.

Cara Hemat Listrik AC di rumah

1.Gunakan AC Irit Energi

Jika anda saat ini sedang menggunakan AC jadul, lebih baik jual dan membeli AC yang hemat energi. Sekarang teknologi semakin canggih, ada beberapa AC keluaran terbaru yang menyediakan fitur hemat listrik.

Berdasarkan survey para pengguna, AC hemat energi bisa memangkas pengeluaran anda sebanyak 30 persen. Hal ini di sebabkan karena kompresor yang di gunakan biasanya memakan daya yang lebih kecil.

Namun kekurangan pada produk AC hemat listrik biasanya harga yang lebih mahal dari pada AC biasa, dan juga proses pendinginan sedikit lebih lama.

2.Atur Suhu maksimal 24 derajat

Ini adalah tips agar listrik irit meski ac on terus yang sangat berdampak dan sebenarnya tidak terlalu sulit. Usahakan Anda mengatur suhu ruangan maksimal di angka 24 derajat saja.

Apakah sulit? Tentu tidak, suhu 24 derajat adalah suhu yang sebenarnya tidak terlalu panas dan dingin. Jika Anda berhasil membiasakan hal tersebut maka dijamin anda akan jauh lebih hemat dari pada biasanya.

3.Perawatan rutin

Merawat AC harus di lakukan secara rutin, minimal membersihkan penyaring pada AC sebulan sekali. Prinsipnya adalah, jika Filter pada AC kotor atau tersumbat debu. Maka kompresor AC akan bekerja lebih keras dan membuat penggunaan listrik menjadi lebih boros.

Dan lagi, AC yang kotor akan terasa kurang dingin. Pada akhirnya Anda akan mengurangi suhu ruangan karena hal tersebut. Dan tagihan Anda akan membludak di akhir bulan.

4.Atur Waktu Penggunaan AC

Tips agar listrik irit meski ac on terus Selanjutnya adalah Kita harus merubah Mindset, bahwa menggunakan AC adalah untuk menyeimbangkan suhu ruangan agar ideal, pada situasi tertentu. Misalnya, suhu udara akan terasa sangat panas saat siang hari mulai dari jam 11 sampai jam 2.

Sebisa mungkin, Anda set waktu penggunaan di jam tersebut. Dan di jam lainnya tidak perlu, karena sebenarnya kita terkadang kurang tepat pada Mindset sehingga menggunakan AC harus seharian penuh bahkan ada yang sampai 24 jam.

5.Minimalisir udara keluar ruangan

Tips agar listrik irit meski ac on terus yang terakhir adalah, usahakan jangan sering membuka pintu, jendela atau apapun yang membuat udara dingin AC keluar percuma.

Tentunya ini pemborosan yang tidak berarti, karena ketika pintu terbuka maka udara panas dari luar masuk dan begitupun sebaliknya.

Penggunaan AC menjadi percuma dan juga listrik akan semakin boros.

Posting Komentar untuk "Tips Agar Listrik Irit Meski Ac On Terus"