Cara Memasang AC Sendiri Di Rumah Tanpa Teknisi

Memasang ac sejatinya di lakukan oleh teknisi ac yang telah terlatih dan sering melakukannya dan tentunya berpengalaman dalam bidangnya. Namun ada sebagian orang yang memiliki keberanian untuk memasang ac sendiri karena hal ini maka admin membuat artikel ini.

Kelihatannya jarang-jarang yang berani melakukan sendiri, bukan lantaran nyali tidak ada tetapi ilmunya yang kurang.Oleh karenanya lewat tulisan ini saya ingin share pengalaman langkah pasang ac atau memasangkan ulangi AC sesudah perombakan.

Ingat ya kawan-kawan jika langkah pasang ac yang saya sharing ini bukanlah pasang ac baru, tetapi sesudah perombakan. Apakah beda, perbedaannya ialah jika penempatan sesudah perombakan seluruh bahan pada keadaan ada alias kita tak perlu mempersiapkan pipa ac, mcb atau yang lain karena telah ada dan pernah dipakai.

Pada dasarnya pemasangan ac baru dan bongkar pasang hampir sama proses dan caranya. Namun jika pemasangan baru saya anjurkan untuk di lakukan dari toko tempat membeli AC, bermaksud bila terjadi permasalahan pada Ac bisa diatasi oleh Toko dan masih memiliki garansi. Dan semua kepentingan kelengkapan AC bisa dipersiapkan oleh toko penjual AC.

CARA MEMASANG AC SENDIRI

Alat yang di butuhkan

  • Obeng Plus -Minus
  • Tang potong - kombinasi
  • 1 set kunci ring-pas
  • Kunci inggris
  • Kunci L
  • Palu jika dibutuhkan
  • Water  pas untuk kemiringan
  • Penggaris atau meteran
  • Bor listrik
  • Mata bor beton (Ukuran besar dan kecil untuk Fisher breket Outdoor dan Indoor)

Bahan yang dibutuhkan

  • AC (Indoor -Outdoor)
  • Pipa tembaga untuk menyambungkan Indoor dan Outdoor
  • Breket Outdoor
  • Fisher besi (Dinabol) untuk tempelkan breket Outdoor
  • Breket indoor
  • Fisher plastik + skrup untuk melekat breket Indoor
  • MCB+Box
  • Kabel untuk menyambungkan Indoor dan Outdoor
  • Duct Tape (lakban Non Lem)
  • Pipa PVC untuk pembuangan air ac. 

Tutorial Langkah Pasang AC Sendiri

Sesudah perlengkapan dan bahan bahan sudah ada karena itu hal yang hendak kita kerjakan ialah :

1. Tentukan tempat penempatan ac

Untuk penempatan ac pilih lokasi yang seperti pada dinding hingga di antara indoor dan outdoor tidak begitu jauh bila terpasang. Untuk jarak penempatan indoor dan outdoor janganlah sampai melewati panjang pipa ac yang telah ada, ingat karena kita cuma memasangkan ulangi AC yang sudah dibedah.

2. Penempatan indoor

Sesudah tentukan lokasi yang sama sesuai setelah itu langkah pasang AC khususnya indoor, dengan lebih dulu memasangkan breket tempat indoor di tempatkan. Untuk penempatan pada dinding beton gunakanlah bor untuk membolongi dinding buat tempatkan fisher sebagai penempatan skrup tempat tempelkan breket.

Sesudah bereket dipasang karena itu setelah itu membuat lubang di sisi kanan breket untuk tempat keluarkan pipa ac, pipa buangan air dan kabel daya dari indoor ke outdoor. Untuk membikin lubang lebih dulu menghitung status yang betul hingga saat indoor dipasang pipa dan kabel daya dari indoor ke luar cocok tidak meleset. Untuk membikin lubang pakai palu untuk membobol tembok.

Bila breket dan lubang sudah dibikin karena itu pasang indoor pada breket dan lubang yang sudah ada. Karena outdoor tidak dapat bekerja tanpa saluran listrik karena itu penempatan kabel ke arah outdoor lewat indoor harus dilaksanakan. Janganlah lupa pasang MCB untuk sumber listrik indoor dan outdoor, untuk jaga keelokan karena itu gunakanlah kabel yang rapi.

3. Penempatan Outdoor

Untuk langkah pasang AC khusus outdoor prosesnya sama dengan penempatan indoor, cuma untuk status indoor minimal sesuaikan panjang pipa ac dari indoor yang sudah dipasang. Untuk memulai memasangkan outdoor tetapkan lebih dulu status dari breket tempat menempatkan outdoor.

Jarak di antara ke-2 breket sebaiknya sama dalam jarak antara baut pada kaki outdoor hingga saat outdoor terpasang pada breket pass tidak terlalu jauh atau hubungan.

Jika pengalaman saya, saya pasang dulu 1 breket samping kiri atau kanan, kemudian saya pasang yang lain sekalian menghitung jarak antara ke-2 breket dan diharap tidak miring pada ke-2 breket itu memakai waterpas.

Untuk penempatan breket pakailah bor listrik dengan mata bor beton. Pengeboran dilaksanakan untuk menempatkan baut dinabol hingga gampang tempelkan ke-2 breket itu, seterusnya pakai kunci ring-pas untuk kencangkan dinabol itu.

Sesudah penempatan breket usai, setelah itu menempatkan outdoor pada breket. Untuk melakukan dapat dilaksanakan oleh seseorang jika cuma 1 pk atau di bawahnya, bila di atas 1 pk berharap dilaksanakan berdua.

4. Menyambungkan pipa ac dan kabel pada indoor dan outdoor

Setelah itu menyambungkan pipa ac dari indoor ke outdoor memakai kunci ring-pas dan kunci inggris. Untuk penempatannya saya pikir lebih gampang karena tinggal pasang dan mengencangkan dengan kunci.

Berbeda jika ac baru proses diawali dari menggunting pipa, memflaring dan lain lain hingga perlu perlengkapan AC yang komplet.

Sesudah pipa dipasang karena itu kerjakan penempatan kabel dari indoor ke outdoor supaya outdoor bisa bekerja saat indoor di onkan.

5. Pengetesan pemipaan dan Salurkan gas kesemua pipa ac

Saat sebelum membereskan pipa ac, pipa buangan air dan kabel listrik, kerjakan pengujian kebocoran lebih dulu pada pipa ikatan yang sudah dikencangkan barusan. Ini dilaksanakan andaikan sesudah dibereskan rupanya ada kebocoran jadi tidak berlebihan Duct Tape yang sudah dililitkan.

Untuk lakukan pengujian silahkan membuka penutup salah katub penekanan tinggi atau penekanan rendah dengan kunci L supaya gas refrigeran bisa mengucur. Kerjakan pengujian pada ikatan pipa dengan didengarkan atau mungkin dengan air sabun atau memakai leak detector jika ada.

Bila dirasakan tidak ada kebocoran pada mekanisme pemipaan karena itu ke-2 katub penekanan tinggi dan rendah dibuka ke-2 nya.

6. Finising

Ini sebagai hal paling akhir yang bisa kawan-kawan kerjakan yakni membereskan semua pemipaan dengan melilitkan duct tape dan janganlah lupa memasangkan pipa paralon ½ inch untuk salurkan air pembuangan. Kunci penutup katub penekanan tinggi dan rendah pada outdoor, pasang penutupnya supaya keliahatan rapi.

Sesudah point 1 sampai 6 usai dilaksanakan karena itu yang paling akhir hidupkanlah ac itu dan rasakan dinginnya. Begitu tutorial langkah pasang ac sendiri gampang mudahan berguna.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang AC Sendiri Di Rumah Tanpa Teknisi"