Cara Memperbaiki Exhaust Fan Berbunyi Kasar

Exhaust fan adalah kipas penyedot debu yang berfungsi membuang partikel debu yang berada di dalam ruangan agar ruangan segar dan terbebas dari debu. Saat ini exhaust fan banyak di aplikasikan bukan hanya pada rumah melainkan industri dan perkantoran.

Dalam jangka waktu tertentu exhaust fan akan mengalami kerusakan yang di akibatkan banyak nya partikel debu yang di sedot keluar atau karena pengoperasian nya yang begitu lama sehingga exhaust fan mengalami pengikisan pada poros kipas yang menyebabkan exhaust fan berdengung.

Hal ini bisa juga di akibatkan karena grease atau pelumas pada exhaust fan habis Karna seringnya penggunaan sehingga motor exhaust fan menjadi panas dan membuat pelumas menjadi rusak.

Hal lain yang menyebabkan exhaust fan berdengung di akibatkan menipisnya ring plastik yang menahan as motor exhaust fan sehingga poros motor tidak bersentuhan dengan bossing motor.

Memperbaiki exhaust fan Bunyi Kasar

Pembersihan exhaust fan

Langka pertama yang perlu di lakukan adalah membuka semua cover exhaust fan dan membersihkan debu yang melekat pada dinding cover, pada kipas juga pada motor exhaust fan, pastikan semua debu yang melekat bersih untuk menghindari kerukan pada saat pengerjaan. Karena debu dapat membuat putaran as motor bergesekan sehingga exhaust fan berdengung.

Pemeriksaan kerusakan

Selanjut nya periksa fan exhaust fan, jika lubang dudukan pada as motor melebar buatlah lubang baru untuk dudukan fan agar ketika motor berputar fan tidak mengalami benturan karena lubang dudukan yang membesar jika lubang lama masih bisa di gunakan. Pakailah kulit kabel listrik dan masukan pada dudukan fan agar dudukan fan memenuhi lubang fan yang telah membesar.

pembongkaran

Langkah berikutnya bongkar motor exhaust fan pastikan kamu mengganti pelumas atau grease lama dengan grease baru.

Setelah membongkar motor periksa ring plastik berwarna hitam dan putih yang ukurannya tipis yang berfungsi menahan as motor agar tidak bergesekan bada bossing motor. Pastikan ring tersebut dalam kedaan utuh dan tidak rusak.

Perbaikan

Jika salah satu ring mengalami kerusakan segera ganti dengan yang baru. Jika kamu tidak memiliki ring cadangan kamu bisa menggantinya dengan plastik jenis lain yang tahan terhadap panas lalu buatlah persis dengan ukuran ring sebelumnya.

Setelah selesai membuat ring bersihkan lubang bussing untuk masukan as motor pastikan bersih dari pelumas lama yang mengering agar saat motor exhaust fan beroperasi as motor tidak bersentuhan yang bisa mengakibatkan gesekan pada as motor.

Pastikan bussing motor dalam keadaan sejajar dan tidak miring untuk menghindari gesekan saat motor exhaust fan berputar.

Perakitan ulang

Setelah pembersihan, pemeriksaan kerusakan, pembongkaran dan perbaikan telah selesai di lakukan pasang kembali semua komponen pastikan komponen tidak salah saat pemasangan dan pastikan kembali kebersihan dan pelumas telah di berikan untuk mendapatkan hasil yang maximal.

Cara memperbaiki exhaust fan berdengung sangatlah mudah namun untuk menghindari masalah ini terjadi lakukanlah perawatan pada exhaust fan dengan cara rutin membersihkan exhaust fan dari debu. Lakukan secara rutin dan teratur dengan melihat kondisi pemakaian.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Exhaust Fan Berbunyi Kasar"