Kapankah Anda harus Kuras Freon AC Rumah Anda? Simak ulasannya!

Kuras Freon AC rumah - jika kita membahas masalah pendingin ruangan atau semacamnya, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya Freon. Jadi, apakah itu Freon? Freon adalah sejenis campuran dari beberapa senyawa, baik berbentuk cair ataupun gas, yang gunanya adalah untuk mendinginkan udara, Dalam hal ini baik untuk AC ataupun Kulkas.



Anda sebagai pengguna AC tentu minimal seharusnya mengetahui hal-hal seperti ini agar jika ada gangguan atau kerusakan setidaknya tau apa yang harus dilakukan. Pertanyaan yang sering sekali muncul berkenaan dengan AC rumah adalah kapan kita harus kuras Freon AC rumah?

Cara kerja Freon AC

Freon menjadi penting untuk di bahas karena sebagian besar keluhan yang terjadi dalam penggunaan Ac hampir selalu berkaitan dengan Freon. Seperti yang tadi di bahas bahwa Freon adalah campuran dari beberapa senyawa seperti Hidogen, Bromin dan Klorin.

Cara kerjanya adalah pada saat Freon baik dalam bentuk gas ataupun cair di dalam AC di hembuskan oleh kipas, maka dengan adanya reaksi kimia membuat udara menjadi dingin. Jadi, jika Anda menemukan situasi dimana AC di rumah sudah terasa berkurang dinginnya, maka salah satu penyebabnya bisa jadi adalah karena Freon yang sudah berkurang.

Nah, hal wajib yang harus Anda ketahui adalah, Freon gas ataupun cair yang anda beli, baik sepaket dengan alat elektronik ataupun secara terpisah sebenarnya biasanya bertahan selama 3-4 tahun.

Jadi, jika ada kejadian AC tidak dingin, atau tidak merata dinginnya sebelum mencapai 3 tahun, kemungkinan memang ada kebocoran pada pipa Freon. Tips agar Freon Anda awet dan bertahan selama minimal 3 tahun adalah dengan perawatan dan pembersihan rutin AC anda secara berkala setidaknya 6 bulan sekali.

Kapan Harus Mengganti Freon AC Rumah?

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa kuras Freon AC rumah setelah 3 tahun. Saat dimana Anda merasa AC sudah kurang optimal dalam pendinginan ruangannya. Situasi lainnya yang mengharuskan Anda untuk mengisi ulang Freon AC rumah adalah jika terjadi kebocoran pada pipa, yang menyebabkan Freon mengalir keluar dan habis.

Penyebab pipa yang bocor bisa bermacam-macam, bisa karena kualitas pipa yang kurang bagus atau karena di gigit tikus. Maka, ketika Anda menggunakan jasa service AC, ketika anda di tawari untuk mengganti Freonnya, lebih baik tanyakan dahulu apakah karena Freonnya sudah habis atau ada kebocoran.

Tanda bahwa adanya kebocoran pada pipas Freon adalah adanya bagian yang membeku, seperti gumpalan es. Dan karena bocor, maka air pun menetes dari evaporator.

Hal yang perlu di persiapkan jika Ingin Kuras Freon AC Rumah

Dalam hal ini Kami rekomendasikan pada Anda untuk menyerahkan pada ahli nya, meski Anda bisa saja melakukannya secara mandiri. Ada hal-hal yang perlu di perhatikan dan disiapkan jika ingin Kuras Freon AC Rumah, yaitu:

 Jenis atau tipe Freon yang Anda gunakan

 Menggunakan Manifold sebagai alat ukur tekanan Freon

 Peralatan dan material yang harus di persiapkan seperti Manifold, Tang Ampere, Kunci Inggris, dan       kunci pas.

 Flaring, ini adalah alat untuk mengubah lebaran diamter pipa.

 Obeng dan Freon

Jika Anda memahami cara kerja AC berikut penggunaan alat tersebut, maka Anda bisa mencobanya secara mandiri. Namun, jika sebaliknya lebih baik baik menggunakan jasa service AC agar hasil lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "Kapankah Anda harus Kuras Freon AC Rumah Anda? Simak ulasannya!"