Keracunan AC Rumah? Kok Bisa?! Ini Penyebabnya!

Keracunan AC Rumah - Pernahkah Anda mendengar orang yang keracunan AC rumah? Mungkin kejadian ini tidak sering tetapi kemungkinan atau resikonya ada. Beberapa orang yang tidak beruntung bisa mengalami hal tersebut.

Keracunan AC Rumah Bisa membuat Anda kesulitan bernafas atau membuat iritasi mata dan kulit. Lalu apa yang bisa menyebabkan hal ini terjadi? Simak artikel ini agar Anda bisa mengantisipasinya di rumah.

Penyebab Keracunan Ac Rumah

Kebocoran Freon

Tentu Anda sering mendengar istilah Freon, ini memang salah satu komponen penting dalam proses pendinginan baik untuk AC maupun kulkas. Freon ini adalah senyawa kimia, yaitu karbon baik dalam bentuk cairan maupun gas.

Pada AC yang anda punya di rumah tentu juga menggunakan Freon untuk melakukan proses kondensasi, atau pendinginan. Yang menjadi masalah adalah saluran pipa yang menyalurkan ke evaporator bisa terjadi kebocoran.

Yang biasanya membuat AC tidak terasa dingin karena adanya bocor tersebut, namun pada kasus tertentu jika mengalami kebocoran yang masif maka tentunya gas ini akan keluar dan bercampur dengan oksigen yang Anda hirup.

Dalam jumlah yang banyak, Akan menyebabkan bahaya bagi Anda jika menghirup atau terpapar.

Cara menanggulangi Kebocoran Freon

Hal yang pertama Anda harus cermati adalah mengenali dahulu gejala kebocoran pada freon. Ini adalah langkah awal untuk mencegah Keracunan AC Rumah.

Jika Anda merasa bahwa AC rumah Anda mulai terasa berkurang performanya, tidak terasa dingin atau tidak merata maka harus segera periksa apakah ada kebocoran pada Freon. Kami sarankan Anda menggunakan jasa service AC agar lebih efektif. Jika menemukan kebocoran, maka segera mungkin ganti dan perbaiki.

Tips perawatan AC yang benar

Bahaya Keracunan AC Rumah tidak akan terjadi jika kita merawat AC rumah secara rutin, dan tentunya tidak hanya meningkatkan rasa aman tetapi juga ada manfaat-manfaat lain yang akan dirasakan. Berikut ini kami infokan juga tips merawat AC agar awet dan aman.

Bersihkan filter pendingin ruangan

Ini adalah sebuah kewajiban yang harus di lakukan jika Anda ingin mempunyai AC yang awet, aman dan terjaga. Lakukanlah minimal 3 bulan sekali untuk membersihkan filter, memang kita sering sekali acuh terhadap hal ini, entah karena sibuk ataupun belum merasakan dampak buruknya dari Filter yang kotor.

Anda bisa bayangkan, jika filter di penuhi oleh gumpalan debu dan bakteri, maka tentunya udara yang Anda hirup dari AC pun belum tentu bersih dan sehat bukan?

Lakukan pengecekan pada instalasi

Instalasi AC yang kurang baik bisa menimbulkan kerusakan pada pendingin ruangan Anda, misalnya pemasangan baut yang tidak kuat, pipa yang terjepit atau bengkok tentunya sekali lagi, bisa berbahaya dan menyebabkan kebocoran.

Pilihlah AC keluaran terbaru

Ac keluaran terbaru sangat di rekomendasikan, biasanya harganya memang lebih mahal dari pada keluaran lama. Tetapi, teknologi yang di tawarkan pun lebih baik. Biasanya AC keluaran terbaru di telah di tanam teknologi ramah energi sehingga lebih irit, filter yang lebih baik dan juga thermise yang lebih responsip.

Jauhkan AC dari posisi yang gelap

Menjauhkan AC dari posisi yang kurang cahaya dimaksudkan untuk mengindari tumbuhnya jamur dan bakteri. Karena umumnya jamur bisa tumbuh subur pada daerah yang lebih lembab.

Dan lagi, area gelap biasanya sering di lewati oleh tikus sehingga ditakutkan ada tikus yang menggerogoti pipa dan menyebabkan kebocoran.

Posting Komentar untuk "Keracunan AC Rumah? Kok Bisa?! Ini Penyebabnya!"