Isi Freon AC Sendiri di Rumah Dengan Tutorial Untuk Pemula.

Tidak susah menambahkan dan isi Freon AC, Bila AC kurang dingin kemungkinan ialah freon yang telah menyusut atau habis, sekalinya anda bukan seorang pakar teknik pendingin, maknanya sebagai seorang pemula juga anda dapat isi atau menambahkan freon AC secara mudah, karena ac saat ini telah memakai mekanisme pentil layaknya seperti pentil ban mobil, sehingga anda secara mudah dapat menambah freon yang kurang pada AC anda, yang penting di ketahui hanya ukuran berapa banyak jumlah Freon yang di injinkan masuk ke compressor AC, dan langkah membaca Manifold ( alat ukur penekanan freon ) - semua perlengkapan yang anda perlukan untuk dapat Isi dan Menambahkan Freon AC Sendiri tidak mahal, semua dapat anda membeli lewat cara online, tidak ada kelirunya sesudah membaca artikel ini anda coba menerapkannya pada AC di dalam rumah anda yang kurang dingin, saat sebelum kita mengulasnya langkah setiap langkah sebaiknya anda coba memerhatikan salah satunya video panduan mengenai langkah isi AC secara mudah, selamat memerhatikan :

Beragam Jenis peralatan dan perlengkapan yang di butuhan untuk proses isi dan menambahkan Freon AC dapat anda baca harga dan detail selengkapnya lewat daftar di bawah ini.

agar semakin detilnya silakan anda :

Berikut Tutorial Untuk pemula untuk pelajari Langkah Gampang Isi dan Menambahkan Freon AC :

Alat dan Bahan :

- Manifold (alat ukur penekanan freon)

- Flaring (alat pelebar diameter pipa)

- Kunci inggris 10 dan 12 inch

- Kunci cocok satu set

- Tabung refrigerant (disamakan dengan type AC)

- Tang amper atau clamp mtr.

- Obeng set atau screwdriver set

 Keterangan Beberapa langkah Langkah Isi Freon AC :

- Nyalakan piranti AC yang hendak diisi freon.

- Pakai kunci inggris/kunci cocok untuk buka penutup servis valve yang berada di pipa besar.

- Sambungkan selang manifold warna biru (low preassure) ke servis valve. Selanjutnya pasang selang manifold warna kuning ke tabung refrigerant. Status servis valve bisanya ada di samping kiri, dan tabung refrigerant berada di samping tengah manifold. Janganlah lupa kerjakan pengecekan untuk pastikan keadaan semua keran manifold telah pada kondisi tertutup.

- Waktunya lakukan pendeteksian secara awal. Triknya check penekanan freon AC itu. Ingat penekanan freon AC type R22 yang standard sekitar di antara 57,6-84,1 psi.

- Jika sesudah dilaksanakan pengujian rupanya tidak ada penekanan benar-benar, kemungkinan ada kebocoran pada mekanisme pendingin AC. Anda harus cari tahu letak kebocoran itu saat sebelum dilaksanakan pengisian freon. Trick-nya yakni gosokkan air sabun memakai kuas kecil kecil ke semua permukaan AC secara pelan-pelan. Status kebocoran AC diikuti dari ada gelembung sabun yang terbentuk.

- Pembaruan AC yang bocor bisa dilaksanakan dengan sistem pengelasan. Seharusnya buang tersisa freon yang disimpan dalam AC saat sebelum dilas supaya tidak mencelakakan diri Anda.

- AC yang telah dilas barusan seterusnya harus divakum memakai mesin vakum sampai capai 30".

- Pasang lagi selang manifold warna biru ke pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon. Selanjutnya membuka lah penutup keran nepel ukuran 3/8 lalu masukan kunci L pada keran itu dan putar ke kanan untuk membuka.

- Hidupkan AC split dan nantikan sesaat sampai unit indoor menyalurkan listrik ke unit outdoor. Sesudah unit outdoor berpijar, Anda dapat melepas selang warna biru dari manifold. Tidak boleh terkejut karena perlakuan ini akan mengakibatkan angin keluar selang warna biru itu. Sesudah angin stop, Anda dapat memasangkan kembali selang warna biru barusan pad manifold, selanjutnya putar arah ke kiri.

- Isilah freon dengan memutar keran manifold warna biru arah ke kiri. Sambil lakukan pengisian, Anda harus memerhatikan jarum tanda yang ada di manifold untuk ketahui kemampuan freon yang telah ditempatkan ke mekanisme pendingin. Panduan dari kami, kerjakan pengisian freon dikit demi sedikit supaya tidak menghancurkan sisi klep compressor.

- Pertanda jumlah freon yang diisikan ke AC cukup ialah pipa instalasi AC yang memiliki ukuran 3/8 pad unit outdoor kelihatan basah dan berembun, dan keadaan evaporator pada unit indoor berasa dingin lengkap. Pengisian freon yang terlalu berlebih malah menyebabkan AC benar-benar tidak dingin.

- Sesudah dipandang freon yang ditempatkan sudah cukup, tutup lah kembali keran yang berada di tabung freon seperti sebelumnya selanjutnya bebaskan selang manifold yang dipasang di tabung freon dan unit AC. Nantikan sepanjang sesaat, seterusnya kerjakan pengujian penekanan memakai ampere mtr.. Paling akhir, membuka lalu bebaskan selang manifold pada unit AC dan tutup kembali penutup valve servis.

Langkah Cari Kebocoran Pada Mekanisme Pendingin AC

CARA MENGISI FREON AC DENGAN FREON REFRIGERANT R22 - HIJAU

Perlengkapan yang diperlukan : - Manifold (alat ukur penekanan freon)

- Kunci inggris 10" dan 12" masing

- Kunci cocok satu set

- Tang Amper / clamp mtr.

- Obeng set (screwdriver set)

- Tabung refrigerant R22

- Alat Flaring

 

 

Cara Kerja Membenahi Kebocoran Pada Mekanisme Pendingin AC :

Hidupkan unit AC, Membuka penutup servis valve pada pipa besar memakai kunci inggris atau kunci cocok Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada servis valve (status samping kiri pada manifold anda) dan warna kuning pada tabung refrigrant (status samping tengah pada manifold anda). Upayakan keran manifold pada status tertutup semua.

Untuk mendeteksi dini, check penekanan freon AC. Standar penekanan freon R22 ialah 57.6 - 84.1 psig

Bila tidak ada penekanan freon benar-benar, memiliki arti mekanisme pendingin/ac split ada kebocoran. Mencari sampai bertemu di mana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang dikasih air sabun, jika tidak diperbarui/dilas kebocorannya freon akan menyusut kembali meskipun sudah diisi sampai ac split jadi dingin kembali. Jika ruangan kebocorannya harus diperbarui dengan mengelas dan pada mekanisme pendingin/ac split masih ada tersisa freon, karena itu yang harus anda kerjakan saat sebelum lakukan pembaruan/pengelasan ialah buang tersisa freon itu supaya tidak mencelakakan anda.

- Jika sudah diketemukan letak kebocorannya dan telah diperbarui/dilas, system pendingin/ac split harus divakum lebih dulu saat sebelum diisi freon, dengan memakai mesin vakum. Vakum yang baik harus capai 30″, lantas bagaimanakah jika anda tidak memiliki mesin vakum / Vacuum Pump

Proses Kerja Vacuum dan Langkah Isi Freon AC :

Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung Freon (status keran ditabung freon pada kondisi terbuka penuh dan ke-2 keran pada manifold tertutup penuh).

Membuka penutup keran nepel ukuran 3/8 yang ada di samping kanan keran nepel outdoor unit.

Saran kunci L pada keran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).

Operasikan ac split dan tunggu hingga indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

Sesudah outdoor unit bekerja, bebaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar ujung selang warna biru dan tunggu hingga angin tidak keluar kembali dari ujung selang warna biru.

Sesudah tidak ada angin yang keluar kembali dari ujung selang warna biru, pasang lagi ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang ada pada keran nepel 3/8 (status keran nepel terbuka penuh).

Isi freon dengan memutar keran manifold warna biru mengarah kiri sekalian menyaksikan jarum manifold untuk pastikan berapakah freon yang telah masuk ke mekanisme pendingin/ac split.

- Di saat pengisian freon kerjakan dengan bertahap tidak boleh sekalian dalam sekejap, supaya tidak menghancurkan klep kompresor.

Membuka keran manifold nantikan sesaat, lalu tutup kembali. Kerjakan berkali-kali dan saksikan berapakah freon yang telah masuk pada jarum petunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yang memiliki ukuran 3/8 yang ada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada di indoor unit anda pegang, jika dinginnya telah rata memiliki arti proses pengisian freon cukup, tidak harus 75 psi. Jika unit ac kelebihan freon akan membuat ac jadi tidak dingin bukan jadikan lebih dingin. Lihat ampere kompresor di saat pengisian freon, janganlah sampai melewati batasan ampere (current) yang bisa anda saksikan pada segi indoor unit. Tutup kembali keran pada tabung freon.

- Terlepas selang manifold pada tabung freon dan unit AC. Nantikan sesaat cek kembali penekanan freon AC, chek Ampere mtr. (currency) jika melewati kemampuan turunkan penekanan dengan sedikit membuangnya.

- Membuka dan terlepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali penutup valve servis.

Posting Komentar untuk "Isi Freon AC Sendiri di Rumah Dengan Tutorial Untuk Pemula."