Pentingnya Grounding Pada Instalasi Listrik

 

Penyebab alat elektronik mengeluarkan listrik pada body atau cover di sebabkan karena grounding yang tidak terpasang pada colokan listrik.berbeda dengan colokan listrik yang telah terpasang grounding tentu tidak mengeluarkan listrik karena ketika alat tersebut mengeluarkan listrik, dengan otomatis listrik yang keluar akan di hilangkan oleh grounding yang telah terpasang.

Grounding adalah sebuah pengaman pada instalasi listrik ketika terjadi kebocoran arus listrik, sehingga grounding dapat berfungsi untuk membuang listrik bocor tersebut.

Instalasi yg tidak terpasang grounding di tandai pada kabel yang terpasang pada colokan listrik yang hanya terdapat dua kabel, yaitu kabel hitam dan biru atau biasa juga warna lain tergantung siapa yang menginstal instalasi tersebut, jika instalasi tersebut terpasang grounding tentu kabel yang terdapat pada colokan listrik berjumlah tiga kabel yang salah satunya adalah kabel kuning strip hijau.kabel inilah yang berfungsi sebagai kabel grounding yang berfungsi membuat listrik bocor kedalam tanah,

Kebiasaan untuk menghemat biaya pemasangan instalasi listrik menjadi sebab pelanggan tidak memasang kabel grounding pada instalasi listrik namun akibatnya bisa sanggat berbahaya karena kabel grounding ini sangat berfungsi untuk mengamankan instalasi listrik pada sebuah rumah.

Terkadang instalasi yang telah terpasang tiga kabel pada colokan juga tidak memiliki fungsi grounding ini di sebabkan karana kabel grounding tersebut tidak di instal menuju tanah atau pembumian sehingga pemasangan tiga kabel tersebut menjadi sia-sia, untuk mengecek kita bisa melihat apakah ketika pemasangan kabel grounding instalatur menanam besi ke dalam tanah dan menghubungkan kabel grounding tadi pada besi tersebut, jika tidak di lakukan maka kabel grounding tersebut tidak akan berfungsi.

Kabel grounding memiliki fungsi yang sanggat baik karena dapat membuang arus bocor ketika kebocoran tersebut mengenai body sebuah alat elektronik grounding juga memiliki fungsi yang baik ketika instalasi kita tersambar petir sehingga sambaran tersebut tidak membuat alat elektronik atau alat listrik di rumah kita menjadi rusak. Karena telah di amankan oleh kabel grounding.

Untuk mengetahui instalasi listrik di rumah kita tidak terdapat grounding bisa di tandai ketika kita memegang body kulkas atau body komputer yang terasa mengeluarkan listrik, hal ini juga menjadi sebab tidak awet nya alat elektrik di rumah kita atau alat elektronik lain yang body nya terbuat dari metal atau besi.

Jika kamu memiliki obeng listrik atau sering di sebut tespen kamu bisa menempelkan tespen tersebut pada body alat elektronik kamu ketika tespen tersebut menyala maka di pastikan body alat elektronik kamu telah teraliri listrik yang di sebabkan tidak adanya grounding pada instalasi listrik di rumah kamu.

Jika instalasi listrik kamu memang tidak terdapat grounding segera lakukan perbaikan untuk menjaga agar alat elektronik kamu tetap awet juga untuk menjaga keselamatan keluarga atau anak2 dari sengatan listrik yang bisa berakibat fatal jika terus di biarkan.tentu listrik yang keluar tidak begitu besar namun bisa menjadi fatal jika dalam keadaan tertentu.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Grounding Pada Instalasi Listrik"