Penyebab Outdoor AC Mati Dan AC Tidak Dingin


Indoor ac ON tapi nga dingin. Setelah di cek outdoor Nya nga nyala alias mati. Kira-kira apa ya penyebabnya? Untu AC sendiri memiliki dua unit, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Ketika dinyalakan, maka terkadang Anda menemukan masalah unit indoor menyala dengan baik namun AC tidak dingin. Ternyata ketika ditelusuri AC outdoor tidak menyala dan mati.

Fungsi outdoor sanggat penting karena jantung dari sebuah ac adalah outdoor. Apabila AC outdoor mati, maka bisa dikatakan bahwa AC Anda sudah pasti tidak akan berfungsi dengan baik. Hasilnya, ruangan Anda tidak akan dingin lagi. Itu berarti, ruangan Anda tidak akan menjadi sejuk.

 

Penyebab outdoor ac sebenarnya sanggat banyak dan memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut mimin ulas satu persatu agar kamu bisa menebak kira-kira yang rusak di bagian mana.

Penyebab Outdoor AC Mati

kemungkinan besar unit compressor di AC outdoor sudah tidak bekerja dengan baik. Padahal, kompresor adalah jantung dari AC yang artinya AC Anda tidak akan berfungsi lagi. Inilah beberapa penyebab outdoor ac kamu mati.

1. instalasi Kabel ada yang putus

Kerusakan ini jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada unit outdoor ac kamu jadi silakan di cek ya apakah kabel listrik ac kamu dalam keadaan baik-baik saja atau telah rusak.

Kerusakan kabel bisa mengakibatkan tidak adanya aliran listrik yang menuju ke outdoor ac saat indoor ac di nyalakan.

2. longar nya Baut kabel outdoor

Hal ini terjadi karena pada pemasangan pertama tidak begitu di perhatikan untuk baut kabel sehingga di saat outdoor ac bekerja membuat kabel power terlepas dari baut kabel karena baut kabel yang longgar.

3.kapasitor pada unit outdoor tidak berfungsi

Pada umumnya terdapat dua kapasitor pada outdoor ac yaitu kapasitor kompresor dan kapasitor fan jika outdoor ac kamu tidak berfungsi cobalah untuk mengecek kapasitor. Pada gejala awal kapasitor mungkin terlihat bagus namun tidak menutup kemungkinan kapasitor tersebut telah rusak.

4. Kompresor over head

Penyebab kompresor over head pada unit outdoor ac paling sering karena outdoor ac terlalu kotor sehingga sirkulasi udara tidak terjadi di saat outdoor ac bekerja. Pada masalah lain karena fan outdoor tidak berfungsi sehingga panas kondensor tidak di sirkulasi ke luar outdoor dan masalah terakhir karena cairan freon pada unit outdoor habis.

5. tegangan listrik tidak stabil

Ada masalah karena perubahan tegangan yang fluktuatif pada listrik rumah Anda. Akibatnya, tegangan yang diperlukan AC untuk bekerja justru tidak bisa didapatkan lagi. Hal itu menyebabkan kompresor rusak. Berarti, Anda bisa memanfaatkan stabilizer untuk memastikan listrik yang masuk ke unit AC tetap stabil.

6. Thermistor rusak

Rusak nya termistor pada indoor ac bisa mengakibatkan outdoor ac tidak berfungsi. Fungsi termistor pada umumnya untuk mengirim sinyal pada modul pcb indoor ketika suhu ruangan yang kita inginkan telah tercapai termis akan mengirim sinyal untuk mematikan outdoor ac sehingga outdoor akan kembali bekerja ketika termis memberikan sinyal bahwa suhu ruangan terlalu panas.

Jika termistor rusak tentu fungsinya sebagai pengirim sinyal tidak akan berfungsi lagi sehingga outdoor ac kita tidak akan berfungsi seperti biasanya.

Itulah beberapa penyebab outdoor ac kamu tidak berfungsi tentunya untuk menghindari masalah tersebut. Lakukan lah perawatan atau service secara berkala dan tentu dengan cara yang benar dan tepat untuk menjaga agar ac kamu dalam keadaan baik.

Posting Komentar untuk "Penyebab Outdoor AC Mati Dan AC Tidak Dingin"