KERUSAKAN YANG BIASA TERJADI PADA POMPA AIR SUBMERSIBLE

Pada langka pertama untuk memastikan kerusakan yang terjadi pada pompa celup submersible ada mencari tau gejala kerusakan yang terjadi.

Saat ini sumur tanah sudah menjamur di mana-mana apalagi di daerah perkotaan bahkan daerah pedesaan saja sudah banyak yang menggunakan sumur tanah ini, selain lebih praktis sumur bor juga lebih efisien di bandingkan dengan sumur gali  karena air sumur bor tidak tercemar dan umumnya tidak memiliki bau dan lebih aman bagi tubuh karena tidak terkontaminasi dengan bahan kimia.

Seiring bertambahnya kebutuhan konsumsi air di tempat kita yang mengakibatkan pemakaian mesin sering kali tidak di perhatikan ataupun lalai dalam pemeliharaan.

Apa lagi jika dalam satu rumah jumlah penghuninya sangat banyak, dan kapasitas tangki penampungan air yang kecil.sehingga sanggat di sarankan untuk kita memiliki tangki penampung air yang besar.

Hal inilah yang tentunya menjadikan mesin pompa air kita di nyalakan terlalu sering, Karna seringnya di nyalakan maka akan mengakibatkan mesin pompa air kita mengalami kerusakan.

Kerusakan mesin pompa air sangat sering kita jumpai dan sudah menjadi masalah di tempat tinggal kita seperti kerusakan pada pompa jet pump, pompa non jet pump pompa submersible pump, pompa pendorong pompa booster dan masih banyak lagi jenis pompa di pasaran.

KERUSAKAN YANG BIASA TERJADI PADA POMPA AIR SUBMERSIBLE 

1.OVER LOAD RUSAK


kerusakan pada over load pompa submersible di tandai seringnya overload memutus pada saat pompa air bekerja padahal pompa bekerja dengan normal dan tidak menimbulkan gejala kerusakan pada mesin pompa submersible yang ketika di nyalakan overload akan menonjol keluar yang menunjukan overload tersebut memutus arus listrik karena tidak mampu menahan arus listrik yang mengalir pada overload tersebut. 

2.MOTOR POMPA KEMASUKAN AIR

Pada masalah ini biasa terjadi karena karet pelapis pada gulungan motor mengalami kerusakan atau sheal pompa telah bocor sehingga air masuk ke dalam gulungan motor, biasa di tandai dengan proses pengisian yang begitu lama yang tidak seperti biasanya yang kemudian lama-kelamaan pompa tidak akan mampu lagi bekerja karena motor telah terbakar. Kerusakan ini di akibatkan karena pompa terlalu sering bekerja non stop sehingga motor menjadi panas dan membuat karet sheal mengalami perubahan bentuk.

3.KABEL POWER PUTUS

Masalah ketiga ini paling sering terjadi, kabel power yang menghubungkan mesin pompa air ke sumber listrik biasanya putus karena tarikan atau karena kabel rusak, biasanya juga karena gigitan tikus.

Kamu bisa menarik kabel power dari sumber listrik dan memeriksa kabel power tersebut jika kabel rusak kamu bisa memotong atau menggantinya dengan kabel power baru.

Untuk penggantian kabel pastikan ukuran kabel sama dengan kabel lama karena jika ukuran atau kualitas kabel buruk kabel akan kembali rusak. 

4,KIPAS IMPELLER RUSAK

Kerusakan jenis ini di akibatkan filter yg terdapat pada pompa terbuka sehingga partikel batu yang berada di luar pompa masuk ke dalam impeller yang mengakibatkan kipas bergesekan dengan partikel batu yang masuk. Sering kali kerusakan ini terjadi karena pompa yang bekerja tanpa henti sehingga as impeller mengalami pengikisan yang mengakibatkan kipas impeller tidak berputar pada saat motor pompa bekerja.

Dengan mengetahui empat kerusakan yang biasa terjadi pada pompa air submersible kamu bisa menyimpulkan sendiri kerusakan pada mesin pompa air kamu dan kamu bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan cepat.

Posting Komentar untuk "KERUSAKAN YANG BIASA TERJADI PADA POMPA AIR SUBMERSIBLE"